Direktur PAUD Kemendikbud, Muhammad Hasbi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Direktur PAUD Kemendikbud, Muhammad Hasbi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Perhatikan Tiga Modal Penting Penopang Tumbuh Kembang Anak

Pendidikan pendidikan anak PAUD
Ilham Pratama Putra • 16 Mei 2020 20:20
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyebut, ada tiga sentra pendidikan yang harus diperkuat sebagai modal tumbuh kembang anak, terutama siswa di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Faktor keluarga menjadi salah satu komponen terpenting.
 
"Selain satuan pendidikan, ada upaya dari keluarga. Karena anak dominan berada di rumah," ujar Direktur PAUD Kemendikbud, Muhammad Hasbi, dalam Seminar Nasional Online PAUD yang diselenggarakan PG PAUD FKIP Uhamka bertema 'Wajah Baru PAUD di Indonesia Pascapandemi Covid-19: Sinergi Sekolah dan Keluarga, Sabtu 16 Mei 2020.
 
Beruntung, kata Hasbi, saat ini peran orang tua dalam tumbuh kembang anak, utamanya pendidikan perlahan menguat. Salah satunya ditunjukkan ketika orang tua mulai mengadopsi dan beradaptasi dengan pembelajaran daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Orang tua kini mulai memiliki kesadaran untuk mendampingi anak-anaknya belajar di rumah. "Banyak keluarga telah menjadi wadah anak dalam memperoleh pendidikan dan pengasuhan yang memadai. Orang tua belakangan ini semakin mengerti perannya dalam pendidikan di keluarga," terangnya.
 
Baca juga:Tips Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19
 
Kemudian sisanya, ada pada masyarakat. Lingkungan siswa PAUD menjadi penopang penting dalam meningkatkan pengembangan siswa di PAUD.
 
"Tiga sentra ini memberi manfaat pada peserta didik untuk tumbuh dan berkembang agar siap untuk melangkah ke pendidikan yang lebih tinggi," tambah Hasbi.
 
Yang terpenting baginya, pendidikan siswa PAUD tak kehilangan esensinya. Siswa PAUD harus meraih pendidikan dengan cara yang menyenangkan, belajar sambil bermain.
 
"Mengedepankan kesehatan, perlindungan dan pengasuhan. Terkait pemenuhan aspek pendidikan, harus memberikan layanan yang berpusat pada anak, bermain jadi strategi utama," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif