Seorang ibu tengah mendampingi anaknya belajar di rumah.  Foto: Istimewa
Seorang ibu tengah mendampingi anaknya belajar di rumah. Foto: Istimewa

Tips Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19

Pendidikan Virus Korona pendidikan anak
Ilham Pratama Putra • 16 Mei 2020 18:42
Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) membagikan tips bagi orang tua saat mendampingi anak di masa pandemi covid-19. Orang tua diminta memulainya dengan menciptakan iklim positif di rumah.
 
"Pertama orang tua harus bisa meluangkan waktu untuk dihabiskan bersama anak," kata Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA, Lenny Rosalin, dalam Seminar Nasional Inline PAUD yang diselenggarakan PG PAUD FKIP Uhamka bertema 'Wajah Baru PAUD di Indonesia Pascapandemi Covid-19: Sinergi Sekolah dan Keluarga, Sabtu 16 Mei 2020.
 
Waktu yang diberikan haruslah berkualitas. Dengan niatan penuh untuk mengajar dan mendampingi secara maksimal. "Dengan begitu orang tau harus juga tenang daalam mengelola stresnya saat bersama anak," lanjut Lenny.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lenny menambahkan, saat bersama anak, orang tua diminta menggunakan pilihan kalimat-kalimat yang positif ketika berkomunikasi dengan anak. Hal itu agar perilaku positif anak juga bisa dibentuk.
 
"Misalnya memberikan pujian dan apresiasi, membangkitkan rasa percaya diri dengan memberi kepercayaan penuh pada anak," jelasnya.
 
Baca juga:Konektivitas Pembelajaran Saat Pandemi Tanggung Jawab Pemerintah
 
Tak cukup menghindarkan anak dari perilaku buruk, orang tua juga harus membuat manajemen pengelolaan. Buatlah perjanjian harian dengan anak.
 
"Ada rutinitas harian yang fleksibel dan konsisten, bisa menghargai waktu," terangnya.
 
Selanjutnya, adanya keterbukaan soal informasi covid-19. Berikan pengetahuan yang positif dan mengajak anak untuk berdiskusi dengan cara yang menyenangkan.
 
"Mengajak anak berpendapat dan berdiskusi yang menyenangkan, menjadi pendamping yang baik dalam belajar. Menjadi pendengar dan narasumber yang baik," pungkas Lenny.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif