Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pandemi Momentum Membangun SDM Unggul

Konektivitas Pembelajaran Saat Pandemi Tanggung Jawab Pemerintah

Pendidikan Virus Korona Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 16 Mei 2020 15:44
Jakarta: Rektor Universitas Yarsi, Fasli Jalal menyebut, masa pademi virus korona (covid-19) dapat dijadikan momentum mambangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Namun bantuan pemerintah sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut.
 
"Kalau Presiden Jokowi bilang ingin membangun SDM inilah saatnya. Tapi pemerintah harus memberikan akses," kata Fasli dalam konferensi video, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Karena pada saat ini banyak universitas hingga mahasiswa yang mengalami kesulitan finansial. Setidaknya, pemerintah bisa menyediakan layanan internet gratis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konektivitas jadi tanggung jawab utama pemerintah agar covid-19 tidak mengganggu pembangunan SDM kita ini. Konektivitas ini bukan hanya akses internet tapi secara geografis jangan lagi ada zona yang tak tersentuh layanan pendidikan apapun bentuk metodenya," terang Fasli.
 
Baca juga:Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Universitas Diminta Ditiadakan
 
Selebihnya, bagaimana pemerintah bisa memberikan petunjuk teknis terkait metode pembelajaran pada masa sulit ini. Salah satu yang disorot Fasli ialah pemberian tugas.
 
"Sebenarnya bukan seberapa banyak tugas, tapi apa yang ingin dibangun, apa yang ingin dicapai. Bagaimana kita membangun tapi tak menjadi beban bagi pengajar juga mahasiswanya," ujar Fasli.
 
Ketika sudah ada petunjuk dari pemerintah yang dalam hal ini ialah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), satuan pendidikan bisa fokus memberikan layanan. Satuan pendidikan bisa lebih mengarahkan mahasiswanya.
 
"Akhirnya kampus bisa mengarahkan mahasiswa, misal lebih siap menyediakan referensi, bahan belajar. Jadi tidak semua digali. Mahasiswa tidak membuang waktu mencari bahan yang padahal sampah. Langsung pada mutiara yang disediakan kampus, bahan yang akurat dan kredibel," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif