Menko PMK), Puan Maharani  saat menghadiri Dies Natalis FMIPA UI ke-58, Medcom.id/Intan Yunelia.
Menko PMK), Puan Maharani saat menghadiri Dies Natalis FMIPA UI ke-58, Medcom.id/Intan Yunelia.

Puan Puji Kontribusi Lulusan FMIPA UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 16 Januari 2019 16:32
Depok: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharanimemuji peran alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI) bagi pembangunan nasional.Sejak berdiri, fakultas ini sudah menghasilkan setidaknya 20ribuan alumni, yang turut membangun bangsa melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).
 
"Matematika dan IPA menjadi pondasi yang sangat penting dalam membangun di bidang elektronika, iklim, lingkungan rekayasa infrastruktur, eksplorasi sumber daya manusia pengembangan teknologi luar angkasa hingga perilaku manusia," kata Puan saat menghadiri Dies Natalis FMIPA UI ke-58, Kampus UI, Depok, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Puan Maharani menghadiri puncak peringatan Dies Natalis ke-58 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI), di Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI, Kampus UI, Depok, Rabu 16 Januari 2019. Dalam sambutannya, Puan berharap lulusan MIPA meningkatkan kontribusi pada pembangunan nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama berdiri, Fakuktas MIPA Universitas Indonesia tak kurang telah menghasilkan 20 ribuan lulusan. "Peran mereka cukup kompeten dalam membangun negeri," ujar Cucu Presiden pertama RI Soekarno ini.
 
"FMIPA UI juga menghasilkan berbagai penemuan dan produk teknologi untuk membangun, mendukung pembangunan nasional. Contohnya sistem informasi geografis yang medunia, teknologi pencairan cadangan migas, nano teknologi dan lainnya," ujar Puan.
 
Baca:UI Kukuhkan Dua Guru Besar Fakultas Kedokteran
 
Selain itu, temuan FMIPA UI ini juga sudah banyak diaplikasikan di bidang kedokteran. Seperti di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).
 
Namun Anak dari Presiden Kelima RI, Megawati Soekarnoputri ini tak ingin FMIPA berpuas diri dengan capainnya sekarang ini. FMIPA UI harus bisa menghadapi persaingan global, dengan berbasiskan kemajuan inovasi Iptek.
 
"Indonesia terus melakukan percepatan kesiapan SDM yang dapat menjadi penggerak ekonomi industri serta vokasi yang berdaya saing dan modern," tutur Puan.
 
Pada kesempatan tersebut, Menko PMK didaulat meresmikan penggunaan peralatan/fasilitas laboratorium FMIPA-UI ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan peninjauan peralatan di lantai 8 laboratorium dan melihat Science Expo 2019 di pelataran parkir FMIPA.
 
Turut hadir di Hall Laboratorium Multidisiplin FMIPA-UI, Wakil Rektor Bidang I Prof. DR. Bambang Wibawana, Managing Director Grup Sinarmas Saleh Husain, Dirjen Pengembangan Riset Kemenristekdikti Muhammad Dimyati, Deputi Bidang Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Prof. Agus Sartono dan Wakil Dekan FMIPA-UI Rahmatullah.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi