Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi (Rhobi Shani)
Ilustrasi. Medcom.id/Rakhmat Riyandi (Rhobi Shani)

ASN Disdik Dinilai Kurang Sigap Soal Zonasi

Pendidikan Sistem Zonasi PPDB 2019
Intan Yunelia • 26 Juni 2019 03:12
Jakarta: Kekisruhan sistem zonasi di beberapa daerah dinilai akibat dari kurangnya koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Dinas Pendidikan (Disdik) di daerah. Aparatur Sipil Negara (ASN) di Disdik daerah kurang sigap menyosialisasikan kepada masyarakat.
 
"Kita melihat kualitas layanan publik kita itu atau ASN kita itu bervariasi, ada yang cepat tanggap ada yang tidak. Sehingga sejauh mana informasi mereka peroleh dari Kementerian diterapkan di daerahnya dan disosialisasikan ke sekolah dan orangtua dan masyarakat di sekitar itu," kata Pemerhati Pendidikan Universitas Multimedia Nusantara, Doni Koesoema kepada Medcom.id, Jakarta, Selasa, 25 Juni 2019.
 
Sosialiasi dari pusat sudah sering digencarkan dengan mengundang kepala dinas pendidikan di daerah. Persiapan dengan segala mekanisme aturannya telah disiapkan sejak enam bulan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk masalah isu dan rapat koordinasi terjadi dan tahun ini kan tahun sosilisasi itu cukup panjang dari bulan Desember sampe bulan Juni ini," ujar Doni.
 
(Baca: JK Sebut Zonasi Untuk Pemerataan Pendidikan)
 
Namun, fakta di lapangan Dinas Pendidikan di daerah tak cakap dan sigap menyampaikan ke masyarakat jauh-jauh hari. Sehingga, masyarakat masih kaget dengan penerapan zonasi padahal sudah memasuki tahun ke tiga.
 
"Saya belum liat ada poster atau pamflet terkait kebijakan zonasi di daerah-daerah. Yang saya lihat paling berita di media atau naisonal maupun iklan di televisi," kata dia,
 

(JMS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif