Ilustrasi PTM di Jakarta. Medcom.id/Yurike Budiman
Ilustrasi PTM di Jakarta. Medcom.id/Yurike Budiman

Pakar IPB Ungkap Kelemahan Pembelajaran Matematika di Indonesia

Pendidikan pendidikan pelajar Matematika Mata Pelajaran Matematika
Ilham Pratama Putra • 29 April 2022 14:04
Jakarta: Ketua Program Studi Magister Matematika Terapan IPB, Jaharuddin, mengungkapkan terdapat kelemahan pembelajaran matematika di Indonesia. Hal ini kerap ditemukan di kelas-kelas satuan pendidikan.
 
"Karakteristik pembelajaran matematika yang sering ditemukan di kelas itu masih tidak membangun pemahaman konsep," kata Jahar dalam webinar Sinau Vox Populi Institut, Jumat, 29 April 2022.
 
Selain itu, siswa belum mendapat kesempatan penuh menyampaikan pendapat terkait pembelajaran di depan kelas. Jahar menyebut siswa juga tak didorong memberikan pendapat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pelajaran Matematika belum berorientasi pada pemecahan masalah yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Padahal, kata Jahar, gairah belajar matematika bisa muncul dari masalah sehari-hari.
 
"Padahal pembelajaran matematika bukan sekadar memindahkan pengetahuan dari guru ke siswa," tutur dia.
 
Jahar juga jarang melihat siswa transfer ilmu ke sesama. Padahal, hal itu dapat mempercepat pemahaman pembelajaran.
 
"Hal ini agar terjadi tujuan utama siswa untuk belajar agar mampu menghadirkan perubahan yang berkaitan dengan matematika," tutur dia.
 
Baca: Kesan Matematika Menyeramkan, Guru Bisa Mulai Kenalkan Sejarah Matematika
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif