Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi

Kesan Matematika Menyeramkan, Guru Bisa Mulai Kenalkan Sejarah Matematika

Pendidikan pendidikan Matematika Mata Pelajaran Matematika
Ilham Pratama Putra • 29 April 2022 13:49
Jakarta: Ketua Program Studi Magister Matematika Terapan IPB, Jaharuddin, menyebut pelajaran Matematika menjadi momok bagi siswa. Matematika selalu dianggap pelajaran rumit.
 
"Matematika rumit, menakutkan, dan membosankan ya kan? Padahal banyak cara membuat matematika itu menjadi menarik dan senang belajar matematika," kata Jahar dalam webinar Sinau Vox Populi Institut, Jumat, 29 April 2022.
 
Jahar menuturkan membuat matematika menjadi menyenangkan bisa dimulai dari memberikan pengetahuan unik kepada siswa. Guru, kata dia, bisa mengenalkan sejarah matematika terlebih dahulu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Guru dapat menggunakan filosofi dan sejarah perkembangan ilmu Matematika sebagai sumber belajar," tutur dia.
 
Jahar menyebut guru akan mendapat perhatian penuh dari siswa ketika pembelajaran Matematika dibuka dengan sejarah awal mula pemikiran matematika. Dia menyebut siswa bakal tertarik mengenal konsep matematika zaman dahulu.
 
"Di mana waktu itu dimulai dari menggoreskan garis ke tulang sebagai bentuk hitungan, hingga kini dikembangkan melalui penalaran logik oleh Thales dan Pytagoras," tutur dia.
 
Jahar mengatakan perlu membangun pikiran matematika menyenangkan. Hal ini juga guna meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
 
"Ketika numerasi terbangun maka bukan lagi soal matematika yang terpecahkan. Tapi anak kita mampu bernalar kritis dan berlogika," tutur dia.
 
Baca: Cobain Belajar Matematika Jadi Menyenangkan dengan Game Super Aritmatika Buatan ITB
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif