Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) dan Universitas Dong Hwa, Taiwan tandatangani MoU bidang pendidikan, Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) dan Universitas Dong Hwa, Taiwan tandatangani MoU bidang pendidikan, Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

UAI Tandatangani Kerja Sama dengan Universitas di Taiwan

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Theofilus Ifan Sucipto • 15 Februari 2019 09:09
Jakarta: Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) dan Universitas Dong Hwa, Taiwan menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD).
 
"Ke depan nanti kita akan riset pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD)," kata Rektor UAI, Asep Saefuddin saat ditemui Medcom.id di UAI, Jakarta Selatan, Kamis 14 Februari 2019.
 
Kerja sama ini juga memungkinkan adanya pertukaran mahasiswa dan dosen UAI dengan Universitas Dong Hwa melalui pembimbingan bersama. Melalui kerja sama ini, Asep berharap mobilitas mahasiswa UAI semakin luas. Sebab UAI sudah menjalin hubungan baik dengan beberapa universitas di negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang sekarang ada juga ke Saudi Arabia, Mesir, dan Tiongkok. Tentu harus diperluas ke negara lain," imbuh Asep.
 
Kerja sama ini juga disambut baik oleh pihak Universitas Dong Hwa. Hubungan Indonesia dengan Taiwan dinilai baik dan mereka mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman itu.
 
"Hari ini kami mempererat hubungan dengan Indonesia khususnya UAI melalui MoU," kata Dekan Perguruan Tinggi untuk Pendidikan Universitas Dong Hwa, Chihwen Fan.
 
Baca:UAI Gandeng ICW Beri Kuliah Tambahan Antikorupsi
 
Fan mengaku Universitas Dong Hwa sangat terbuka bagi mahasiswa Indonesia. Apalagi dia melihat kualitas pelajar Indonesia di sana. "Kami melihat mahasiswa Indonesia sangat pintar dan pekerja keras," puji Fan.
 
Hal ini, kata dia, terbukti dari 18 mahasiswa Indonesia lulusan Universitas Dong Hwa yang mendapat gelar master dan doktor di sana. Menyikapi hal itu, Fan berharap mahasiswa Indonesia semakin tertarik ke sana.
 
Saat ini, ada sekitar 10 ribu mahasiswa dari seluruh dunia di Universitas Dong Hwa. Indonesia menempati urutan kedua setelah Malaysia.
 
Untuk diketahui, kerja sama ini awalnya terbentuk dari kesepakatan membuat seminar pendidikan di UAI. Namun karena antusiasme pihak Dong Hwa cukup baik, UAI meresponsnya dengan baik pula.
 
Ke depannya, Asep bertekad terus mengembangkan kerjasama pendidikan dengan negara lain khususnya di wilayah Timur.
 
"Saya lagi membibit kampus-kampus di Mesir karena bahasa Arab cukup baik di sana. Kemudian Turki juga mulai mengejar (kerja sama dengan) kita," pungkas Asep.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif