Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahillah

Nadiem Sebut SIPLah Bisa Jadi Solusi Masalah Korupsi Dana BOS

Pendidikan Kebijakan pendidikan Program Pendidikan Digitalisasi Sekolah Nadiem Makarim Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 26 Agustus 2021 14:34
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengungkapkan masih banyak kabar terkait isu korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dia mengakui isu tersebut masih jadi pekerjaan rumah bersama.
 
"Kita juga harus mengakui bahwa ada berbagai macam isu-isu dalam korupsi dana BOS yang terjadi di lapangan ya," kata Nadiem dalam Merdeka Belajar episode 12: Sekolah Aman Berbelanja bersama SIPLah, Kamis 26 Agustus 2021.
 
Menurut Nadiem, praktik korupsi dapat dihindari dengan pembelajaan dana BOS secara online. Cara ini, menurut Nadiem, lebih transparan dan dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebenarnya kasus-kasus seperti ini bisa sangat bisa dihindari. Kalau semakin besar persentase dari penggunaan dana BOS itu dilakukan secara online dan transparan melalui platform digital," kata Nadiem.
 
Baca: Ini Fitur Baru Platform SIPLah
 
Nadiem meminta agar pihak sekolah dapat melakukan pembelanjaan dana BOS melalui platform digital yang disediakan Kemendikbudristek, yakni SIPLah. Menurutnya dengan menggunakan SIPLah seluruh transaksi dana BOS dapat terekam secara detil.
 
"Jadi inilah alasan kenapa, baik dari rasa keamanan kepala sekolah dan juga untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak baik. Kita harus memindahkan jumlah anggaran dana BOS ini kepada platform online di mana semuanya transparan dan 100 persen akuntabel," ungkap Nadiem.
 
Nadiem meluncurkan Merdeka Belajar episode 12. Pada episode ini, Nadiem melakukan pembaharuan platform penyedia barang dan jasa untuk sekolah melalui platform SIPLah. Ini berkaitan dengan rencana digitalisasi sekolah.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif