Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi UTBK-SBMPTN. MI/Panca Syurkani

Bukan Cuma Hafalan, Ini 4 Tips Jitu Mengerjakan Soal Soshum di UTBK-SBMPTN

Medcom • 20 April 2022 11:16
Jakarta: Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 tinggal menghitung hari. Sudah sejauh mana persiapan Sobat Medcom menghadapi seleksi ini?
 
Selagi masih ada waktu, manfaatkan kesempatan tersebut untuk memahami materi. Terlebih bagi yang mengambil kelompok ujian Soshum, menghafal materi saja belum cukup. Pasalnya, Soshum bukan hanya tentang hafalan, tetapi juga pemahaman.
 
Agar semakin siap dan paham, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berjuang di arena pertempuran. Dilansir dari Ruangguru, berikut empat tips jitu mengerjakan soal Soshum di UTBK-SBMPTN.

1. Pahami materi UTBK Soshum

Materi yang diujikan dalam kelompok ujian Soshum terdiri dari mata pelajaran Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan Sejarah. Setiap mata pelajaran itu memiliki sub-materi yang perlu dipaham keseluruhan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Contohnya, dalam ujian Ekonomi, materi yang sering muncul ialah Elastisitas, Biaya Produksi, dan Konsep Ilmu Ekonomi. Untuk ujian Geografi, materi yang sering muncul adalah Hirosfer, Litosfer, Biosfer, dan Peta. Sedangkan untuk Sosiologi dan Sejarah, materi Konflik Sosial, Stratifikasi Sosial, Kerajaan Hindu-Budha, Peradaban Kuno, dan Demokrasi Terpimpin seringkali muncul di soal UTBK Soshum dari tahun ke tahun.

2. Kenali model soal UTBK Soshum dan perbanyak latihan

Dalam soal pilihan ganda, sebaiknya kerjakan soal yang dianggap mudah terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar menghemat waktu.
 
Selain pilihan ganda, ada pula soal sebab-akibat. Dalam model soal ini, peserta akan diuji tentang pemahaman konsep materi. Untuk menjawabnya, perlu memperbanyak membaca materi Soshum dan latihan soal supaya kemampuan nalar dan berpikir logis kian terasah.
 
Terakhir, ada model soal benar-salah. Kunci utama mengerjakan tipe soal ini ialah ketelitian. Untuk itu, rajinlah membahas soal benar-salah supaya terbiasa dengan sistem pengerjaan soal.

3. Dalami materi yang belum dikuasai

Selama berlatih mengerjakan soal, cobalah mengidentifikasi materi apa saja yang sekiranya masih banyak salah. Perbaiki kekurangan tersebut dengan cara pendalaman materi.
 
Pendalaman materi itu bisa dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya, merekam suara sendiri ketika menjelaskan materi tertentu dan mendengarkan ulang saat sedang makan atau istirahat.
 
Selain itu, bisa juga dengan rajin mengikuti tryout yang ada pembahasannya. Ini akan membantu Sobat Medcom memahami materi yang masih belum dikuasai dengan baik.

4. Berusaha secara optimal dan berserah diri

Berusaha secara optimal merupakan kunci kesuksesan dalam semua hal, termasuk seleksi UTBK-SBMPTN. Selain berusaha secara optimal, berserah diri juga menjadi penting sebagai upaya penguatan mental dan peningkatan keyakinan diri dalam menghadapi ujian ini.
 
Itulah empat tips jitu mengerjakan soal Soshum di UTBK-SBMPTN. Tak kalah penting, jaga kesehatan, baik fisik maupun mental, agar tetap tenang dan bisa berkonsentrasi selama mengerjakan ujian ini. (Nurisma Rahmatika)
  
Baca: Soal PMB dalam Materi TPS UTBK-SBMPTN: Penjelasan, Contoh, dan Tips Mengerjakan
 
 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif