Staf Ahli Menteri Agama Kemenag, Oman Fathurahman, Kemenag/Humas.
Staf Ahli Menteri Agama Kemenag, Oman Fathurahman, Kemenag/Humas.

Kemenag Siapkan Buku Sekolah tentang Moderasi Beragama

Pendidikan Pendidikan Agama
Intan Yunelia • 22 Februari 2019 12:44
Jakarta: Kementerian Agama tengah menyiapkan buku-buku sekolah yang berisi materi moderasi beragama. Hal ini dilakukan, mengantisipasi virus radikalisme yang diduga sudah masuk ke dunia pendidikan.
 
Staf Ahli Menteri Agama Kemenag, Oman Fathurahman mengatakan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag sudah mempersiapkan buku-buku sekolah tentang moderasi beragama. "Dengan adanya buku ini diharapkan bisa menjadi bahan pengayaan dalam pendidikan madrasah dan perguruan tinggi," kata Oman dalam keterangan pers di Jakarta, Jumat, 22 Februari 2018.
 
Oman mengatakan moderasi beragama di pendidikan islam ini tak bisa dilakukan sembarangan. Menurutnya harus ada strategi khusus yang tak hanya akan di implementasikan di lingkungan kementerian agama saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program Moderasi Beragama ini adalah kepentingan nasional, kepentingan bangsa, kepentingan bersama," kata Oman.
 
Baca:Kemendikbud Siap Tarik Buku yang Sebut NU "Radikal"
 
Oman menuturkan, saat ini pun pemerintah tengah mempersiapkan penerbitan Peraturan Menteri Agama tentang moderasi beragama. "Saya berharap program ini bisa dilakukan secara sinergis dan koordinatif dengan Satker lainnya," ujar Oman.
 
Sebelumnya sudah dilaksanakan Rapat Moderasi Beragama diikuti Ketua Pokja Moderasi Beragama Ditjen Pendis, Aceng Abdul Aziz, Peneliti Balitbang Adlin Sila, dan beberapa anggota tim pokja moderasi beragama di Kantor Kemenag Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis 21 Februari 2019.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi