Menristekdikti, Mohamad Nasir (kanan) dan Rektor UB, Nuhfil Hanani (kiri), di Universitas Brawijaya, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.
Menristekdikti, Mohamad Nasir (kanan) dan Rektor UB, Nuhfil Hanani (kiri), di Universitas Brawijaya, Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.

Baru UNS dan UB Usulkan PTN-BH di 2019

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Daviq Umar Al Faruq • 27 Maret 2019 17:05
Malang: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mendorong lebih banyak lagi perguruan tinggi yang menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN-BH). Dari 85 PTN yang ada di Indonesia, baru 11 di antaranya yang sudah berstatus PTN-BH, ditambah dua PTN sedang proses mengajukan PTN-BH.
 
Kedua kampus yang tengah mengajukan PTN-BH yakni Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dan Universitas Brawijaya (UB) Malang. "Yang sudah mendekat PTN-BH adalah UNS dan UB. UM (Universitas Negeri Malang) belum ada usulan, yang sudah usulan baru UNS dan UB," kata Nasir di Universitas Brawijaya (UB), Malang, Rabu 27 Maret 2019.
 
Sementara itu Rektor UB, Nuhfil Hanani mengatakan, tantangan UB ke depan adalah mempersiapkan diri menjadi WCU (World Class University) dengan kekhususan WCEU (World Class Entrepreneurial University).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu, UB juga tengah bersiap menjadi PTN-BH. Semua komponen di UB harus bekerja keras dan kompak mengembangkan UB menjadi WCEU dan PTN-BH, membangun SDM yang andal, dan meningkatkan daya saing global," tegasnya.
 
Baca:200 Jurnal Internasional Ditargetkan Terdaftar di 2019
 
Nuhfil juga menjelaskan, sepanjang 2018, banyak prestasi yang telah diraih UB. Mulai dari bidang manajemen institusi, organisasi dalam penyelenggaraan Tridarma, pengembangan SDM, hingga pembinaan dan pengembangan mahasiswa.
 
"Sejak tahun 2014, UB telah mendapatkan predikat WTP dari aspek kinerja pengelolaan keuangan, di 2018 UB juga mendapat penghargaan Program Asuh PT (Perguruan Tinggi) Unggul, serta meraih peringkat II bidang prestasi kemahasiswaan nasional dari Ditjen Belmawa Kemenristekdikti," sebutnya.
 
Selain itu, saat ini UB sudah memiliki 34 jurnal bereputasi tinggi, satu jurnal internasional terindeks Scopus, 33 jurnal bereputasi sedang, serta 44 jurnal terakreditasi nasional.
 
Sebagai informasi, PTN-BH adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah dan berstatus sebagai badan hukum publik yang otonom. Sebelumnya, PTN-BH dikenal sebagai Badan Hukum Milik Negara (BHMN) dan Badan Hukum Pendidikan (BHP).
 
Jumlah Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) saat ini baru 11 PTN dari 112 PTN yang ada di Indonesia. Kesebelas PTN-BH tersebut antara lain dari Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Hassanuddin, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif