Suasana saat tes offline OSC Medcom.id di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Foto:  Medcom.id/Tim OSC
Suasana saat tes offline OSC Medcom.id di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Foto: Medcom.id/Tim OSC

1.470 Peserta OSC Bertarung di Tahap Akhir

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Kautsar Widya Prabowo • 19 Desember 2019 09:40
Jakarta: Sebanyak 1.470 pelajar dari berbagai daerah di Indonesia memadati Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, lokasi digelarnya tes offline Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2019 sejak 06.30 WIB. Ribuan siswa yang hadir mengenakan seragam sekolahnya masing-masing itu merupakan siswa yang lolos ke tahap akhir seleksi beasiswa yang juga disponsori Fajar Paper ini.
 
Sejak pagi ribuan siswa tersebut berangsur masuk ke dalam Velodrome dan langsung memecah saat memasuki bangunan seluas 9,5 hektare itu, untuk melakukan registrasi di masing-masing stan kampus pilihan mereka. Setelah melaksanakan tes offline, 420 nama siswa peraih beasiswa OSC akan langsung diumumkan pada Awarding Night yang digelar malam ini di lokasi yang sama.
 
Salah satu peserta siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus, Jawa Tengah, Achyar mengaku sangat antusias mengikuti tes offline OSC. Sebab itu tandanya, ia hanya tinggal selangkah lagi menuju kampus idamannya, Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Achyar mengatakan, UMN sangat diminatinya lantaran ada jurusan yang ia inginkan."Ingin kuliah di UMN, ada Teknik Fisika dan ada beasiswanya," ujar Achyar kepada Medcom.id, saat ditemui di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, 19 Desember 2019.
 
Setali tiga uang, siswa SMKN 8 Tangerang, Hafiz Priyatna Wiguna menyebut, UMN memiliki jurusan yang sesuai dengan minatnya, yaitu multimedia. Dibanding universitas lain, UMN memiliki fasilitas penunjang studi yang memumpuni di bidang tersebut.
 
"Ada jurusan multimedia. UMN lokasinya juga dekat dengan rumah saya," tuturnya.
 
1.470 Peserta OSC Bertarung di Tahap Akhir
Sejumlah peserta tes offline OSC Medcom.id saat melakukan registrasi di stan PTS. Foto: Medcom.id/Kautsar
 
Ia mengaku telah mempelajari sejumlah pelajaran untuk persiapan tes offline hari ini, salah satunya belajar tentang statistika. "Kesiapan alhamdulillah untuk materi pembelajaran, belajar program linier, statistika, peluang, barisan, dan deret," imbuhnya.
 
Sementara itu, siswa SMAN Cahaya Madani Boarding School, Banten, Fahru Rozi menjelaskan alasannya memilih Universitas Trisakti di OSC tahun ini lantaran kampus tersebut memiliki rekam jejak sejarah yang apik. Universitas tersebut ikut berperan dalam reformasi 1998.
 
"Univeritas Trisakti sudah terakreditasi A, sudah terkenal sejarahnya saat reformasi. Saya mau masuk Manajemennya, karena sudah terakreditasi A," terangnya.
 
Setelah melakukan registrasi, peserta tes offline OSC diarahkan ke ruang ujian untuk mengikuti tes offline yang digelar pukul 09.00-12.30 WIB.
 
Online Scholarship Competition (OSC) merupakan kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia, diadakan oleh portal berita dan video Medcom.id. OSC hadir untuk memberikan kemudahan bagi putra-putri Indonesia agar dapat melanjutkan pendidikan hingga S1 dengan menggunakan beasiswa yang ada di setiap universitas favoritnya.
 
OSC Merupakan program kolaborasi antara Medcom.id dengan Perguruan Tinggi Swasta sebagai penyedia beasiswa. Dengan OSC, peserta tidak perlu lagi datang ke kampus/universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung.
 
OSC mempersingkat proses tersebut dengan metode daring, pendaftaran dan test tahap awal dilakukan melalui sistem online. OSC kini telah memasuki tahun ke-5, bekerja sama dengan 21 Perguruan Tinggi Swasta ternama di Indonesia, yang berasal dari delapan kota berbeda (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Makassar dan Bali).
 
Program ini menyediakan 420 beasiswa S1 yang dapat diperebutkan oleh setiap siswa/i SMA/SMK/MA sederajat di Indonesia.
OSC diharapkan mampu memberi daya dukung pendidikan tinggi dan memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif