Ilustrasi pendidikan tinggi. Foto:  Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi pendidikan tinggi. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Beasiswa OSC Medcom.id Jawab Dua Persoalan Pendidikan di Indonesia

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 05 Oktober 2019 17:25
Bali: Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia masih cukup rendah, di kisaran 34 persen. Dua kendala utama masih menjadi penghambat peningkatan APK tersebut, yakni faktor ekonomi dan geografis.
 
Chief Executive Officer (CEO) Medcom.id Mirdal Akib mengatakan, ada dua masalah besar yang masih menghambat pelajar di Indonesia dalam mengakses perguruan tinggi. Kedua masalah tersebut adalah faktor ekonomi dan geografis.
 
Hampir sebagian besar perguruan tinggi yang berkualitas atau terakreditasi A dan B persebarannya terbatas di pulau Jawa, Bali dan sebagian Sumatra. "Bahkan di Sulawesi hanya ada satu perguruan tinggi yang memiliki grade A," kata Mirdal ditemui di sela-sela acara World Indonesia Scholarship Forum (WISH) Festival 2019, di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI), Denpasar, Bali, Sabtu, 5 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Akses pelajar ke perguruan tinggi berkualitas yang belum merata itulah yang mendorong portal berita dan video Medcom.id kemudian menginisiasi sebuah program beasiswa bernama Online Scholarship Competition (OSC) sejak 2015 lalu. Sistem yang ditawarkan OSC Medcom.id ini pun terbilang unik.
 
Sebab proses pendaftaran hingga seleksi awal beasiswa berbasis online. Dengan kata lain, peserta dapat melakukan pendaftaran dan tes online dari mana saja, tidak perlu hadir langsung ke perguruan tinggi yang dituju.
 
Pendaftaran bisa dilakukan dari rumah, sekolah, bahkan pusat perbelanjaan dengan hanya bermodal gawai, personal computer, atau komputer jinjing yang terkoneksi dengan internet. "Tesnya dilakukan secara online. Jadi tidak perlu datang ke kampus-kampus yang berkualitas untuk melakukan tesnya. Tesnya online di daerah masing-masing," jelas Mirdal.
 
Ia mengajak semua siswa kelas XII yang akan lulus SMA untuk bergabung dengan OSC. Lulusan SMA tahun lalu pun masih bisa berkesempatan mengikuti tes OSC tahun ini.
 
Pendaftaran OSC sudah dibuka sejak 28 Agustus 2019 dan akan ditutup pada tanggal 5 November 2019. Sementara untuk online test akan digelar pada tanggal 9 november 2019.
 
Pada penyelengaraan OSC di tahun ke-5 ini, sebanyak 21 PTS ternama berkomitmen untuk ambil bagian sebagai penyedia beasiswa. Jumlah PTS pemberi beasiswa terus bertambah sejak tahun pertama penyelenggaraan beasiswa yang diinisiasi oleh portal berita dan video Medcom.id ini.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif