Pengamat pendidikan Doni Koesoema. DOK YouTube
Pengamat pendidikan Doni Koesoema. DOK YouTube

Pengamat Pendidikan Ragu Dana BOS Bisa Bayarkan Tunjangan Guru Honorer

Ilham Pratama Putra • 29 November 2022 16:24
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menegaskan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat digunakan untuk tunjangan guru honorer. Termasuk, guru honorer di sekolah swasta.
 
Pengamat pendidikan, Doni Koesoema, meragukan hal tersebut. Dia menilai secara matematis besaran dana BOS tidak bisa digunakan lagi untuk memberikan tunjangan guru honorer.
 
"Mau berapa besar? Berapa persen mau dipakai untuk tunjangan guru?" tanya Doni dalam siaran YouTube Pendidikan Karakter dikutip Selasa, 29 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Doni menyebut dana BOS untuk operasional sekolah saja sudah pas-pasan. Dia menilai skema dana BOS untuk tunjangan guru honorer di sekolah swasta belum jelas.
 
"Apalagi kita lihat selama pandemi ada 50 persen dana BOS untuk guru, tapi kan dana BOS ini tergantung jumlah siswa. Kalau siswanya 100, tunjangannya berapa? cukup?" kata dia.
 
Doni mendorong skema tersebut dimuat dalam undang-undang. Dia menyebut skema tersebut bisa dimuat dalam draf Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).
 
"Jaminannya seperti apa? Apa ada jaminannya dalam draf RUU? Kalau mekanismenya seperti itu, itu harus ditulis dalam batang tubuh RUU," tutur dia.
 
Baca juga: Tunjangan Guru ASN Mesti Ditulis Dibayar Satu Kali Gaji, Pengamat: Biar Guru Senang

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif