Ilustrasi: Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi: Medcom.id/Citra Larasati

Kemendikbudristek Harap Negara G20 Komitmen Hadirkan Pendidikan Berkualitas

Ilham Pratama Putra • 15 Maret 2022 18:57
Jakarta:  Forum G20 Kelompok Kerja Pendidikan (EdWG) tahun 2022 akan berlangsung pada 16-18 Maret 2022. Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang akan memimpin dialog terkait dunia pendidikan dalam presidensi tersebut.
 
Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek, Iwan Syahril berharap dialog dalam G20 EdWG membuahkan hasil signifikan dalam dunia pendidikan secara global. Ia ingin negara G20 berkomitmen dalam menghadirkan pendidikan berkualitas.
 
"Pertama komitmen yang lebih kuat dari semua negara G20 untuk pendidikan yang berkualitas untuk semua," kata Iwan dalam pertemuan pertama G20 EdWG 2022, Selasa 15 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komitmen itu, kata dia, diperlukan sebab dunia pendidikan sangat terdampak dari pandemi covid-19. Pandemi covid-19 mengakibatkan learning loss yang luar biasa.
 
"Karenanya kita harus berupaya bersama-sama menghindari learning loss ini," terang dia.
 
Selanjutnya, pihaknya ingin menghasilkan sebuah laporan dari praktik baik seluruh negara dalam menghadapi pandemi di bidang pendidikan. Tentunya akan banyak praktik baik yang dapat diambil dari berbagai negara G20.
 
Baca juga:  4 Agenda Prioritas Pendidikan Ini Bakal Dibahas di G20
 
"Yang tentunya punya konteks beragam baik dari Afrika, Eropa, Asia, Amerika dan Australia. Dan report ini bisa menjadi inspirasi dunia global tentang bagaimana melakukan pemulihan pascapandemi di bidang pendidikan," tutup dia.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif