Ilustrasi ruang kelas di salah satu SMP di Sulteng, MI/Ramdani.
Ilustrasi ruang kelas di salah satu SMP di Sulteng, MI/Ramdani.

Makassar Dapat 'Kado" 10 SMP Baru di Hardiknas

Pendidikan hardiknas Sistem Zonasi
Muhammad Syawaluddin • 03 Mei 2019 13:30
Makassar: Pemerintah Kota Makassar meresmikan sepuluh Sekolah Menengah Pertama (SMP) baru. Sekolah tersebut sebagai upaya untuk memastikan program zonasi bisa berjalan dengan baik di Kota Makassar.
 
"Sepuluh sekolah baru ini sebagai kado dari Pemkot Makassar di Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) ini," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Rahman Bando, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Kesepuluh SMP baru di Kota Makassar tersebut tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Kota Makassar. Rahman berharap dengan sekolah baru dapat lebih banyak lagi menampung lulusan Sekolah Dasar (SD) agar dapat sekolah sesuai dengan zonasinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pemerataan Pendidikan Jadi Prioritas
 
Masing-masing dua sekolah berdiri di Kecamatan Makassar, Rappocini, dan Tamalate. Sedangkan di Panakkukang, Manggala, Wajo, dan Mariso, masing-masing satu. Sekolah baru itu, kata Rahman, merupakan hasil penggabungan atau regrouping sekolah SD dan SMP.
 
Sekolah yang baru dihadirkan berdasarkan kebutuhan maupun ketersediaan SMP di setiap wilayah dalam kota Makassar. Rahman juga mengatakan, bahwa bakal menambah sekolah namun, masih harus dikaji lebih jauh lagi.
 
"Sebenarnya kami mau resmikan 12 sekolah baru. Tapi, karena beberapa pertimbangan maka yang diresmikan hanya sepuluh," jelasnya.
 
Salah satu pertimbangan utama regrouping adalah sebaran sekolah yang tidak merata di semua wilayah. Dia mencontohkan Kecamatan Makassar yang selama ini tidak punya SMP Negeri. Dengan regrouping, kini ada dua.
 
Data Dinas Pendidikan, bertambahnya sepuluh sekolah turut menambah jumlah sekolah di Makassar yang kini berjumlah 55 SMP Negeri di Makassar. Ditambah 162 sekolah swasta, maka ada 217 SMP dan sederajat.
 
Sedangkan pada tingkat SD, sebelumnya terdapat 363 sekolah negeri. Dengan regrouping, kini tersisa 314 SD Negeri. Selain itu terdapat pula 136 SD dan sederajat swasta.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif