Ilustrasi. Foto: Kemendikbud/humas
Ilustrasi. Foto: Kemendikbud/humas

Nadiem Luncurkan Empat Pokok Kebijakan Dana BOS

Pendidikan Dana Bos Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 10 Februari 2020 19:06
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menerbitkan episode terbaru dari kebijakan 'Merdeka Belajar'. Kemendikbud mengeluarkan pokok-pokok kebijakan baru tentang dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020.
 
Pokok kebijakan tersebut terbagi atas empat kebijakan. Keempatnya telah masuk dalam Permendikbud nomor 8 tahun 2020.
 
Pertama, mengubah kebijakan penyaluran dana BOS. Mendikbud, Nadiem Makarim menyatakan penyaluran BOS bakal langsung ke rekening sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang sebelumnya, penyaluran dana ke sekolah dari Kementerian Keuangan melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi, kini penyaluranya dari Kemenkeu langsung ke rekening sekolah," kata Nadiem di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin 10 Februari 2020.
 
Kedua, penggunaan dana BOS juga bakal dibuat fleksibel. Hal itu sebagai langkah awal untuk meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer.
 
"Sebagai langkah pertama untuk meningkatan kesejahteraan guru-guru honorer dan juga untuk tenaga kependidikan, porsinya hingga 50 persen dari dana BOS," lanjut Nadiem.
 
Dijelaskan Mendikbud, setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda. Maka, kebutuhan di tiap sekolah juga berbeda-beda. “Dengan perubahan kebijakan ini, pemerintah memberikan otonomi dan fleksibilitas penggunaan dana BOS,” tambah dia.
 
Ketiga, nilai satuan BOS juga mengalami peningkatan. Dalam kebijakan 2020 ini, tiap peserta didik mendapatkan hak dana bos kenaikan masing-masing Rp100.000 dari tahun sebelumnya, di sekolah tingkat dasar maupun menengah.
 
Selanjutnya, dalam kebijakan ini pelaporan BOS juga bakal diperketat. Tujuannya agar lebih transparan dan akuntabel.
 
"Nantinya pelaporan dana BOS oleh sekolah secara online di website BOS. Sekolah juga diminta mempublikasikan penerimaan dan penggunaan dana di papan informasi sekolah, yang mudah diakses masyarakat," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif