Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kondisi Ekonomi Terganggu, Mahasiswa Minta Subsidi UKT

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 02 April 2020 19:55
Jakarta: Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta berharap ada subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT) di semester mendatang. Sehingga tidak menjadi beban finansial di tengah kondisi darurat pandemi virus korona seperti sekarang ini.
 
“Subsidi uang UKT perlu tapi tidak keseluruhan dari dana,” kata Sarah kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 2 April 2020.
 
Ia pun mengungkapkan, korona ini juga memengaruhi kondisi finansial keluarganya. Untuk itu ia berharap benar-benar ada subsidi untuk UKT semester ganjil mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Soalnya dampak dari keadaan yang terjadi sekarang ini juga memengaruhi finansial keluarga yang berkewajiban menanggung uang kuliah mahasiswa,” jelasnya.
 
Baca juga:Terdampak Korona, Orang Tua Harapkan Keringanan Uang Kuliah
 
Mahasiswa jurusan Hubungan Internasional ini pun mengaku keluarganya juga berharap besar jika akan sangat membantu jika pemerintah maupun kampus memberikan subsidi UKT. “Kalau, orang tuaku sendiri juga setuju sih kalau uang kuliah disubsidi, karena balik lagi akibat dari dampak yang terjadi sekarang terus perkuliahan yang tidak berjalan kayak biasanya, semester ini kuliah tidak optimal padahal membayarnya sudah optimal,” terangnya.
 
Ia juga menjelaskan, menurutnya subsidi tidak harus sepenuhnya. Karena ia juga memahami, jika UKT tersebut harus digunakan kampus untuk operasional kampus.
 
“Karena, uang UKT mahasiswa tersebut, bukan cuma untuk keperluan mahasiswa saja, dari uang tersebut pasti dana yang diterima pihak universitas juga didistribusikan ke dalam unsur-unsur yang ada universitas tersebut. Seperti pemeliharaan fasilitas, gaji-gaji sivitas yang disesuaikan dengan sistem dan bidangnya serta hal-hal lain yang berkaitan dengan universitas,” ujarnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif