Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala
Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala

LTMPT Mulai Rancang Penyelenggaraan SNMPTN 2021

Pendidikan snmptn Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru
Ilham Pratama Putra • 06 November 2020 13:44
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai merancang kembali penyelenggaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk 2021. LTMPT menyebut telah ada pembahasan secara internal terkait seleksi mahasiswa baru kampus negeri tersebut.
 
"Ya pasti lah (sudah ada rapat untuk menyusun SNMPTN 2021)," ujar ketua LTMPT Mohammad Nasih kepada Medcom.id, Jumat, 6 November 2020.
 
Namun, Nasih tidak membeberkan lebih lanjut fokus penyusunan dan skema apa yang bakal diterapkan untuk SNMPTN tahun depan. Materi itu masih jadi pembahasan bersama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dihubungi terpisah, Ketua Pelaksana LTMPT, Budi Prasetyo juga belum mau menerangkan terkait penyelenggaraan SNMPTN 2021. Saat ditanyakan perubahan skema terkait pandemi covid-19, Budi belum bisa menjabarkannya. "Sabar dulu ya," jawab Budi.
 
Penyelenggaran SNMPTN 2020, juga dilaksanakan di tengah pandemi covid-19. Pada SNMPTN 2020, 96.496 pendaftar diterima dari 489.601 pelamar.
 
Pendaftaran SNMPTN 2020 itu sepenuhnya dilakukan secara daring dan dimulai pada 14 Februari 2020. Pendaftaran dilakukan pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.
 
Baca:Nadiem: Sistem Pendidikan Kurang Mengapresiasi Kreativitas
 
LTMPT melalui PDSS (laman https://rank.pdss.snmptn.ac.id/) akan menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN 2020 sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah sekolah melakukan finalisasi PDSS. Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan e-mail dan password login ke laman Portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
 
Siswa pendaftar akan diminta mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.
 
Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id. Terakhir, siswa pendaftar harus mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif