Suasana pascatsunami Selat Sunda, BNPB/Humas.a
Suasana pascatsunami Selat Sunda, BNPB/Humas.a

Relawan UI Diterjunkan ke Tiga Daerah Bencana Tsunami

Pendidikan Tsunami di Selat Sunda
Intan Yunelia • 07 Januari 2019 14:37
Jakarta: Tim Universitas Indonesia (UI) Peduli melepas 67 relawannya ke tiga daerah terdampak bencana tsunami Selat Sunda. Relawan tersebut sudah disebarkan sejak 3 Januari 2019 ke daerah Banten, Lampung dan Sukabumi.
 
Tim relawan ini akan membagikan logistik, dan melakukan aksi sanitasi kepada masyarakat yang terdampak bencana tsunami akibat pengaruh erupsi Gunung Anak Krakatau ini. "Selain sembako, logistik yang diberikan diantaranya adalah kasur, selimut, dan diaper," ujar Rektor UI, Muhammad Anis, di Jakarta, Senin 7 Januari 2019.
 
Sedangkan Posko Peduli UI di Banten berada di Desa Ujungjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang. Di Lampung, posko dipusatkan di Desa Way Muli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim relawan nantinya akan menyediakan air bersih, dengan upaya pemasangan pompa air di beberapa titik lokasi yang memungkinkan. Untuk daerah Banten, tim relawan juga akan melakukan pemetaan zona air tsunami dan pemetaan paparan abu vulkanik. Hal tersebut langsung dilakukan oleh tim dari dapartemen Geografi dan Geologi UI.
 
Baca:IPB Beri Beasiswa Korban Tsunami Selat Sunda
 
"Aksi medis juga dilakukan, dibantu oleh tim medis dari Fakultas Kedokteran UI," papar Anis.
 
Anis menyebutkan, bahwa UI selalu berupaya untuk berkontribusi bagi bangsa Indonesia. Hal tersebut salah satunya dengan gerakan pengabdian masyarakat.
 
"Dalam hal ini, UI Peduli adalah sebuah upaya konsisten dari kami dalam menanggapi kejadian-kejadian bencana alam di Indonesia. Dengan UI Peduli, kami ingin menunjukkan bahwa UI selalu ada untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Anis.
 
Perlu diketahui, Tim UI Peduli yang turun kali ini merupakan gabungan relawan dari seluruh sivitas akademika UI, yaitu dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat UI (DRPM UI), Resimen Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa UI, Pusat Krisis (Puskris), Kamuka Parwata Fakultas Teknik UI (KAPA FTUI), Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L), serta tim dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif