Stan yang menyuguhkan buku bacaan diserbu pengunjung Pameran Hardiknas 2019, di Ambon, Maluku, Medcom.id/Intan Yunelia.
Stan yang menyuguhkan buku bacaan diserbu pengunjung Pameran Hardiknas 2019, di Ambon, Maluku, Medcom.id/Intan Yunelia.

Maluku Terus Dekatkan Masyarakat dengan Sumber Bacaan

Pendidikan hardiknas kemampuan literasi
Intan Yunelia • 25 April 2019 20:35
Ambon: Karakteristik geografis Provinsi Maluku yang berbentuk kepulauan menjadi tantangan tersendiri dalam memenuhi ketersediaan buku bagi masyarakatnya. Berbagai upaya dilakukan sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memenuhi kebutuhan buku bacaan berkualitas ini.
 
"Maluku ini kan beda dengan daerah lain di Indonesia, yaitu terdiri dari pulau-pulau, bahkan juga ada yang terpencil," jelasKepala LPMP Maluku, Achli Achmad Jasim, di sela-sela pembukaan Gebyar Pendidikan dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, di Ambon, Maluku, Kamis, 25 April 2019.
 
Berdasarkan Data Pokok Pendidikan Kemendikbud tahun 2018, di Provinsi Maluku terdapat 2.843 satuan pendidikan mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan yang tersebar di 11 kabupaten/kota. Meliputi Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Tuai, dan Kabupaten Buru Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ke depan, akses dan ketersediaan buku akan menjadi perhatian guna meningkatkan minat baca. "Kita terus mengupayakan fasilitas buku yang bisa dijangkau oleh anak-anak terutama di daerah terpencil, yang berbeda dengan Kota Ambon cenderung terjangkau dari sumber informasi," terang Achli.
 
Achli yang menyempatkan untuk berkeliling stan juga menyampaikan, ketersediaan buku pada pameran dan bazar buku murah di Pekan Hardiknas ini sebagai upaya untuk mendukung dan memperkuat kompetensi karakter, dan literasi bagi para peserta didik. "Kita berikan buku yang memperkuat kompetensi karakter anak kita, kemudian kompetensi literasi," jelasnya.
 
Baca:Indonesia Timur Masih Minim Akses ke Sumber Literasi
 
Dalam kesempatan yang sama,Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Maluku, S. Mahu mengatakan, alokasi pembelian bukumenjadi langkah strategis untuk memenuhi ketersediaan buku di tiap-tiap daerah. Ia mengungkapkan sejumlah unit pelaksana teknis (UPT) turut mengalokasikan anggaran untuk pembelian buku untuk semakin mendekatkan masyarakat kepada sumber bacaan berkualitas.
 
"Guna meningkatkan ketersediaan buku, kami tiap UPT Kemendikbud di daerah, didorong untuk menganggarkan pembelian buku guna meningkatkan ketersediaan buku bagi siswa, sekolah, dan guru," jelasnya.
 
Dijelaskan Mahu, di BP PAUD Dikmas Provinsi Maluku misalnya, setiap tahunnya terdapat anggaran sebesar Rp10 juta yang dialokasikan untuk pembelian buku. Menurutnya, mekanisme jemput bola menjadi strategi BP PAUD Dikmas Provinsi Maluku dalam mengatasi kendala minimnya alokasi anggaran dengan permintaan pembelian buku dari masing-masing satuan kerja.
 
Menurutnya, tahun ini pembelian buku dianggarkan untuk memfasilitasi kebutuhan lima Taman Bacaan Masyarakat (TBM). "Tahun ini, anggaran untuk beli buku disasarkan pada lima taman bacaan, kami data buku apa saja yang dibutuhkan," ujarnya.
 
Selain itu, BP PAUD Dikmas Provinsi Maluku turut menyelenggarakan program donasi buku untuk mendorong ketersediaan buku. Program ini melibatkan kontribusi dari masyarakat umum, baik individu, maupun komunitas. "Kami disini ada donasi buku, yang terbuka untuk umum, kita punya kotak seperti celengan, jadi masyarakat sudah membaca dan bukunya dititipkan dan dikirimkan ke lembaga yang membutuhkan," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif