Salah satu stan yang menyediakan buku bacaan di Pameran Gebyar Pendidikan dalam rangka Hardiknas 2019, di Ambon, Maluku, Medcom.id/Intan Yunelia.
Salah satu stan yang menyediakan buku bacaan di Pameran Gebyar Pendidikan dalam rangka Hardiknas 2019, di Ambon, Maluku, Medcom.id/Intan Yunelia.

Indonesia Timur Masih Minim Akses ke Sumber Literasi

Pendidikan hardiknas kemampuan literasi
Intan Yunelia • 25 April 2019 16:56
Ambon: Akses sarana dan prasarana literasi di wilayah Indonesia Timur masih belum merata. Salah satunya di Maluku, minimnya fasiltas sarana literasi berpengaruh terhadap masih rendahnya minat baca masyarakat.
 
Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku, Achlu A. Jasim mengatakan kondisi geografis salah satu kendalanya. Wilayah-wilayah yang terdiri dari beberapa kepulauan tak semuanya memiliki sarana yang serupa seperti di pusat ibu kota.
 
"Saya kira sarana dan prasarana terutama buku itu sangat sulit bisa menjangkau daerah-daerah pinggiran Maluku," kata Achlu saat ditemui Medcom.id di sela-sela Acara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, di Ambon, Maluku, Kamis, 25 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Bazar Buku Meriahkan Gebyar Pendidikan di Ambon
 
Ia mendorong pemerintah memberikan perhatian serius dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana literasi di Maluku. Terutama untuk anak usia PAUD hingga jenjang kuliah.
 
"Kita terus dorong pemerintah agar bisa menyediakan fasilitas dalam bentuk buku dan lainnya supaya bisa dijangkau oleh anak-anak, terutama di daerah pinggiran," ujarnya.
 
Sarana dan prasarana literasi yang cukup memadai saat ini masih berpusat di Kota Ambon sebagai ibu kota provinsi. Mereka bisa mengakses berbagai sumber literasi utamanya dari internet.
 
"Dari sisi akses bisa mereka jangkau dengan baik. Baik informasi dan sumber bacaan yang didapat dari internet maupun inisiatif untuk mengunjungi pusat-pusat baca, taman baca, perpustakaan sekolah atau yang disediakan pemerintah daerah," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif