Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Muhadjir: Hanya 73% Remaja Usia 16-18 Tahun yang Sekolah

Pendidikan pendidikan Sekolah pelajar menko pmk
Ilham Pratama Putra • 19 April 2022 16:51
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan tak semua remaja di Indonesia mengenyam pendidikan. Dia menuturkan remaja usia 16-18 tahun yang masih bersekolah saat ini tak sampai 80 persen.
 
"Tercatat, hanya 73 persen remaja usia 16 sampai 18 tahun yang saat ini masih bersekolah," ujar Muhadjir dalam siaran YouTube Kemenko PMK, Selasa, 19 April 2022.
 
Dia menuturkan remaja usia 19-24 tahun yang mestinya kuliah, angkanya lebih rendah lagi. Hanya 26 persen remaja dengan rentang usia tersebut kuliah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu terdapat data 72,5 persen penduduk penyandang disabilitas berusia 7 sampai 18 tahun yang bersekolah dan hanya 26,6 persen sekolah inklusi dari total sekolah yang ada di Indonesia," papar Muhadjir.
 
Muhadjir menuturkan berbagai kompleksitas masalah anak usia sekolah dan remaja itu memerlukan penanganan komprehensif. Mulai dari pemerintah hingga seluruh kekuatan lembaga swadaya masyarakat.
 
"Kekuatan masyarakat madani dan semua pihak yang merasa ikut bertanggung jawab atas masa depan bangsa Indonesia ini ambil peran. Perlu penuh kesungguhan agar cita-cita untuk membawa remaja kita yang kelak pada akhirnya akan memimpin bangsa Indoensia ini akan betul-betul berhasil seperti yang kita harapkan bersama," tutur dia.
 
Baca: Tingkatkan Kesejahteraan Anak Sekolah, Menko PMK Luncurkan Ran Pijar
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif