Uang khusus Ki Hadjar Dewantara.
Uang khusus Ki Hadjar Dewantara.

Perayaan Hari Pendidikan Lewat Uang Kertas Edisi Khusus

Pendidikan hari pendidikan nasional Uang Khusus Hardiknas 2022
Renatha Swasty • 03 Mei 2022 19:23
Jakarta: Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati tiap 2 Mei dirayakan dengan cara berbeda-beda. Untuk yang masih bersekolah, Hardiknas diperingati dengan upacara bendera.
 
Tiap tahun, pemerintah merayakan Hardiknas dengan cara berbeda-beda. Salah satu yang spesial ialah pada 1998.
 
"Ki Hadjar Dewantara, sosoknya yang telah bermakna pada dunia pendidikan Indonesia juga diabadikan @bank_indonesia pada uang kertas Rp20.000 Tahun Emisi 1998," dikutip dari Instagram @ditjen.gtk.kemendikbud, Selasa, 3 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 1998, Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas Rp20 ribu dengan sosok Ki Hadjar Dewantara pada bagian depan dan bagian belakang bergambar siswa sedang belajar di sekolah. Uang kertas berwarna hijau.
 
Uang itu beredar selama 10 tahun di masyarakat hingga 2008. Bank Indonesia memutuskan menarik empat pecahan uang kertas dari peredaran, termasuk pecahan Rp20.000 bergambar Ki Hadjar Dewantara pada 31 Desember 2008.
 
Penetapan 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini.
 
Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada 2 Mei 1889.
 
"Penting kiranya agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan pondasi pendidikan di Indonesia," tulis Ditejen GTK.
 
Baca: Hardiknas, Ini Hal-hal yang Perlu Diketahui: dari Sejarah Sampai Arti Logo Tut Wuri Handayani
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif