Kampus Universitas Negeri Malang (UM), Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.
Kampus Universitas Negeri Malang (UM), Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq.

UM Anggarkan Rp25 Miliar untuk Riset

Pendidikan Publikasi Ilmiah Riset dan Penelitian
Daviq Umar Al Faruq • 20 Maret 2019 15:53
Malang: Universitas Negeri Malang (UM) menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar per tahun untuk keperluan riset dan penelitian. Jumlah anggaran tersebut dikeluarkan untuk merangsang produktivitas publikasi internasional di kampusnya.
 
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UM, Markus Diantoro mengatakan, dana riset yang diperoleh UM berasal dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dikti, Kemenristekdikti sekitar Rp12 miliar.
 
"UM menyiapkan Rp25 miliar per tahun untuk riset. Tambahan dari setiap fakultas ada dana sekitar Rp1 miliar sampai Rp2 miliar. Jumlah fakultas ada delapan. Hibahnya atau target tahun ini," katanya kepada Medcom.id, Rabu 20 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Markus menjelaskan saat ini seluruh kampus se-Indonesia ditargetkan untuk meningkatkan publikasi internasional. Sebab hal itu merupakan salah satu indikator pemeringkatan Kemenristekdikti maupun pemeringkatan Internasional.
 
Baca:Terbitkan Jurnal Ilmiah Dosen UB Diganjar Rp25-100 Juta
 
"UM sendiri menargetkan 1.053 publikasi internasional dan 500 di antaranya diupayakan terindeks Scopus," bebernya.
 
Jumlah publikasi internasional UM yang telah terindeks SCOPUS sebanyak 339 Scopus. Dengan adanya anggaran untuk riset dan penelitian tersebut, diharapkan jumlah publikasi internasional dapat meningkat.
 
"Memang biasanya submit ke jurnal tidak cepat. Submit tahun ini bisa terbit tahun depan," imbuhnya.
 
Pria yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) UM ini menyebutkan, kampusnya juga telah merancang banyak strategi untuk mencapai riset dan publikasi internasional.
 
"Ini saya sedang perjalanan ke Thailand dan Malaysia untuk menjalin kerja sama riset dan publikasi tersebut," pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif