Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Tak Cuma Kejar IPK, Mahasiswa Harus Jadi Manusia Pembelajar

Pendidikan beasiswa osc OSC
Kautsar Widya Prabowo • 11 November 2020 13:19
Jakarta: CEO Media Group Mirdal Akib meminta mahasiswa menjadi manusia pembelajar selama berada di dunia kampus. Hal ini menjadi modal mereka untuk masuk ke dalam dunia kerja.
 
"Apabila jadi manusia pembelajar itu akan menjadi kebiasaan, menjadi karakter, membuat Anda menyesuaikan diri dengan setiap kejadian yang ada," ujar Mirdal dalam diskusi virtual OSC Medcom.id bertajuk 'Maksimalkan Potensi Diri, Raih Masa Depan Cemerlang', Rabu, 11 November 2020.
 
Mirdal menekankan dunia kampus tidak sekadar tempat mencari indeks prestasi kumulatif (IPK) yang tinggi. Banyak hal yang dapat dipelajari dalam mengasah soft skill dan hard skill.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di dunia kampus Anda akan diajarkan cara-cara untuk mendapatkan ilmu, mendapatkan pengetahuan. Ilmu dan pengetahuan tidak terbatas pada dunia kampus, tersebar di seluruh sumber yang ada," jelas dia.
 
Baca: 6 Langkah Menuju Generasi Terbaik
 
Mirdal menganalogikan kampus seperti tempat belajar berenang yang memberikan informasi ke peserta latihan, mulai dari kedalaman, lebar kolam, dan apa yang terjadi ketika tenggelam. Sementara itu, dunia kerja seperti berenang di samudra yang luas.
 
"Jadilah manusia pembelajar untuk membiasakan diri di dalam kampus," teran dia.
 
Ia mengingatkan beberapa mahasiswa yang baru lulus hampir tidak bisa langsung bekerja. Mereka membutuhkan pelatihan yang memakan waktu enam sampai delapan bulan.
 
Mirdal khawatir waktu yang cukup lama bagi mahasiswa untuk mendapat pelatihan akan berdampak buruk. Tidak tertutup kemungkinan pekerjaan yang diinginkan angkatan pekerja baru telah tergantikan teknologi.
 
"Akuntan kuliah tiga sampai empat tahun, sekarang digantikan oleh software yang harganya Rp400 ribu. Lebih cepat lebih akurat," jelas dia.
 
(OGI)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif