Ketua Pelaksana LTMPT Budi Widyobroto. Zoom
Ketua Pelaksana LTMPT Budi Widyobroto. Zoom

2021, LTMPT Gelar Seleksi Mahasiswa untuk 40 Politeknik Negeri

Pendidikan snmptn sbmptn Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 12 Desember 2020 10:40
Jakarta: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mulai melakukan sosialisasi terkait sistem seleksi masuk Perguran Tinggi Negeri (PTN) untuk 2021. Salah satu yang membedakan dari sebelumnya, LTMPT bakal turut menggelar seleksi masuk institut politeknik pada tahun depan.
 
"Jadi nanti adik-adik calon mahasiswa politeknik mengikuti tes masuk di LTMPT," kata Ketua Pelaksasana LTMPT Budi Widyobroto dalam sosialisasi daring seleksi masuk PTN 2021, Sabtu, 12 Desember 2021.
 
Budi mengatakan, saat ini ada 40 politeknik yang gabung dengan LTMPT. Artinya, kata dia, 40 politeknik itu bakal ikut menyaring calon mahasiswa dari proses seleksi yang digelar LTMPT. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi menekankan LTMPT merupakan lembaga penyelenggaraan tes yang tetap, kredibel, proporsional, efisien, dan efektif. LTMPT membantu memfasilitasi para rektor di Indonesia untuk melakukan seleksi mahasiswa baru.
 
Baca: Nadiem: Bimbel Tak Ada Gunanya di Asesmen Nasional
 
Ada tiga jenis tes yang dilakukan, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN). Prinsipnya, kata dia, tak ada perbedaan signifikan terkait persyaratan sekolah yang berhak ikut maupun proses seleksi.
 
LTMPT bakal mengacu Data Pokok Pendidikan (Dapodik) serta Pusat dan Informasi (Pusdatin) untuk menentukan kuota sekolah dan sebagainya. Budi berpesan agar sekolah segera mengecek lagi status pendataan mereka di Dapodik maupun Pusdatin.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif