Ilustrasi. AFP/Nicolas Asfouri.
Ilustrasi. AFP/Nicolas Asfouri.

Unik, Youtuber Bisa Masuk PTN Lewat Jalur Khusus

Pendidikan Pendidikan Tinggi SNMPTN/SBMPTN 2019
Citra Larasati • 17 Juni 2019 08:35
Jakarta: Mulai tahun ini, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta akan menerima mahasiswa baru dari jalur Konten Kreator Youtube. Ini merupakan kategori unik pertama yang digunakan dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
 
Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) UPN Veteran Jakarta, Antar Venus, mengatakan, pertimbangan kampus memasukkan para konten kreator Youtube ini, karena menilai mereka telah mampu menciptakan peluang kerja ekonomi kreatif di era digital dan revolusi industri 4.0 ini.
 
"Mereka yang mampu memanfaatkan peluang tersebut di antaranya konten kreator dengan platform media sosial, khususnya Youtube," kata Venus, di Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para kreator muda ini berkembang secara mandiri untuk menghasilkan konten yang menarik, marketable, bermanfaat, fokus, dan memiliki nilai ekonomi tinggi. "Namun yang kita cari itu konten kreator ya, bukan cuma youtuber gaming atau hanya sekadar memvideokan ceramah, kuliah, dan sebagainya. Isi kualitas konten tetap jadi perhatian kami," tegasnya.
 
Baca:Milenial Pilih Jadi Youtuber Daripada Guru
 
Sebenarnya sasaran UPNVJ adalah konten kreator secara umum untuk berbagai platform media sosial. Namun karena terlalu luas, akhirnya UPN memilih hanya pada platform Youtube.
 
Alasan lainnya, kata Venus, berdasarkan "We are social report 2019", di era digital ini sebanyak 57% masyarakat Indonesia telah menggunakan medsos. Indonesia sendiri menduduki peringkat tiga pengakses medsos.
 
Mereka menghabiskan setidaknya tiga jam 23 menit di setiap harinya untuk mengakses media sosial. Dari sumber yang sama, 88 persen pengguna medsos juga mengakses Youtube.
 
"Jadi konten Youtube secara tidak langsung mempengaruhi masyarakat Indonesia, baik positif atau negatif. Youtuber Indonesia harusnya mampu berkontribusi memberi konten-konten positif," ujarnya.
 
Ia juga menegaskan, Youtuber yang sukses itu bukan sekadar generasi Z atau milenial yang kreatif, inovatif, berjiwa wirausaha, tapi juga mereka mampu menunjukkan dua kecerdasan, yakni yakni intelligence of words dan intelligence of visual (kecerdasan kata dan visual).
 
"Jadi kami menilai mereka ini orang yang cerdas dan berprestasi," kata Venus.
 
Untuk diketahui, penerimaan Konten Kreator Youtube ini akan masuk kriteria Jalur Prestasi penerimaan mahasiswa baru program sarjana seleksi mandiri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (SEMA UPNVJ). Jalur prestasi merupakan proses seleksi yang dilakukan dengan cara menggabungkan Nilai UTBK dan prestasi akademik/nonakademik.
 
Cakupan bidang prestasi dalam SEMA UPNVJ meliputi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1-3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional tiga tahun terakhir, Hafiz Al Quran minimal 5 Juz, Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode dan Youtube Content Creator minimal 10.000 subscribers.
 
"Jalur prestasi ini mendapatkan kuota sebanyak 10% dari jalur mandiri. Bidang Olimpiade Sains 2%, Olahraga dan Seni 2%, Hafiz Al Quran 2%, Ketua OSIS 2%, dan Youtube Content Creator 2%," sebut Venus.
 
Jalur prestasi ini berlaku untuk seluruh program studi, kecuali program studi kedokteran dan program studi farmasi. Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang memiliki subscribers (Asli) dengan jumlah minimal 10.000 subscribers.
 
Memiliki minimal dua video dengan masing-masing minimal 100.000 viewers/penonton dengan kriteria konten bermanfaat, mendidik, kreatif, inspiratif, orisinal, menarik dan memenuhi standar editing serta kualitas gambar yang baik.
 
Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti screenshot dari profil saluran Youtube dan menyertakan alamat link channel Youtube calon peserta yang selanjutnya akan divalidasi oleh tim seleksi.
 
Bagi mereka yang memenuhi kriteria tersebut, maka wajib mengikuti uji keterampilan berupa pembuatan video berdurasi 3-5 menit dengan tema yang ditetapkan panitia menggunakan peralatan/perlengkapan masing-masing.
 
Waktu dan tempat pelaksanaan uji keterampilan Youtube Content Creator bagi calon mahasiswa yang dinyatakan memenuhi syarat akan diumumkan pada Selasa, 23 Juli 2019. Selanjutnya diwajibkan untuk mengikuti uji keterampilan yang akan dilaksanakan pada Rabu, 24 Juli 2019-Kamis, 25 Juli 2019.
 
Untuk uji keterampilan Youtube Content Creator bertempat di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika, Lantai 4, Gedung Rektorat, Kampus Pondok Labu UPN Veteran Jakarta.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif