Mendikbudristek Nadiem Makarim. Zoom
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Zoom

Enam Nilai Profil Pelajar Pancasila Jadi Bekal Meraih Cita-cita

Renatha Swasty • 05 Juli 2022 13:13
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan terdapat enam nilai dalam profil Pelajar Pancasila. Yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinekaan, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
 
Nadiem berharap keenam profil Pelajar Pancasila dapat diraih generasi muda. Dia menyebut keenam nilai itu akan membantu genarasi muda di masa depan.
 
"Menjadi bekal seluruh generasi muda untuk menggapai cita-cita di masa depan sesuai dengan minat dan potensi masing-masing anak," kata Nadiem dalam webinar Cerdas Berkarakter, Selasa, 5 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadiem berpesan agar kaum muda Indonesia terus bersemangat belajar dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dia mengatakan nilai-nilai itu pula juga menjadi pedoman dalam kegiatan akademik.
 
“Sebab kecerdasan akademik yang dipadukan dengan karakter yang kuat itulah yang akan membantu adik-adik melangkah ke masa depan dan menghadapi semua tantangan. Dengan menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, saya yakin adik-adik akan mampu melewati semuanya,” ucap dia. 
 
Ketua Dewan Wanita Persatuan (DWP) Kemendikbudristek, Franka Makariem, menjelaskan perlunya generasi muda memiliki jiwa profil Pelajar Pancasila. Dia menuturkan keenam profil Pelajar Pancasila merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan. 
 
"Jadi, untuk menjadi Pelajar Pancasila dan menggapai cita-cita perlu untuk memiliki dan mengembangkan keenam profil tersebut," tutur dia.
 
Baca juga: Proyek Sekolah Penggerak SMP Negeri 7 Makassar: Sulap Ikan Tak Laku di Pasar Jadi Abon


 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif