Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.
Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.

Kemendikbud Akui Pengisian Nilai Rapor Berpotensi Dimanipulasi

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 01 April 2020 13:30
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadikan nilai rapor sebagai salah satu indikator untuk mempertimbangkan kelulusan siswa. Untuk itu, Kemendikbud meminta agar guru jujur dalam mengisi nilai rapor tersebut.
 
Plt. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Supriano mengakui, akan ada potensi manipulasi nilai rapor untuk kemudian meluluskan siswa dengan cara yang tidak benar.
 
"Sehingga kepercayaan kepada guru ini hilang. Sekarang ini kan murni dilakukan oleh satuan pendidikan. Ini yang harus dimanfaatkan dengan benar-benar. Jadi kembali lagi ke karakter masing-masing guru," kata Supriano dalam konfrensi video, Selasa 31 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun dia tak merinci, langkah pengawasan seperti apa yang akan dilakukan pihaknya terkait proses pengisian rapor siswa. Sebelumnya Ikatan Guru Indonesia (IGI) menyimpulkan potensi kecurangan nilai rapor begitu besar.
 
Baca juga:IGI Minta Hapus Jalur Prestasi PPDB di Tengah Korona
 
Berdasarkan hasil survei kecil yang dilakukan terhadap 410 anggota IGI, tampak jalur prestasi yang lebih banyak menggunakan rapor itu memilki potensi kecurangan sebesar 81,94 persen. Bahkan 36,09 persen di antaranya menyatakan kecurangan sangat bisa terjadi.
 
"Sementara hanya 18,06 persen responden yang tidak yakin nilai rapor bisa dimanipulasi," ungkap dia.
 
Bahkan dalam survei yang pihaknya lakukan, sebagian guru menyatakan bahwa wali kelas dan kepala sekolah di SD dan SMP sulit menolak permintaan orang-orang tertentu untuk mengubah nilai rapor. Apalagi disertai ancaman nasib mereka atau pendekatan 'amplop' secara personal.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif