Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi

Kepala Sekolah Sebut Rapor Pendidikan Jadi Alat Deteksi Kesalahan Pembelajaran

Pendidikan pendidikan Kurikulum Rapor Pendidikan Indonesia
Ilham Pratama Putra • 18 April 2022 20:21
Jakarta: Kepala Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Batunyala, Kabupaten Lombok Tengah, Ni Ketut Mayoni, mendukung upaya pemerintah memajukan pendidikan melalui Rapor Pendidikan Indonesia. Dia menilai Rapor Pendidikan dapat memperbaiki arah pendidikan Indonesia ke depan.
 
Mayoni menilai Rapor Pendidikan dapat menjadi acuan dan refleksi untuk perbaikan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu, Rapor Pendidikan juga dapat mendeteksi kesalahan dalam pembelajaran.
 
“Dengan membaca dan menganalisa Rapor Pendidikan, kami dapat menemukan akar permasalahan. Sehingga kami bisa mengetahui skala prioritas apa yang harus dilakukan dengan cepat dalam memperbaiki kelemahan di sekolah kami,” kata Mayoni dalam acara Silaturahmi Merdeka Belajar dikutip Senin, 18 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Guru SMP PGRI Kota Kediri, Jawa Timur, Devy Mariyatul, mengajak guru menjadikan Rapor Pendidikan sebagai alat refleksi dalam kegiatan pembelajaran. Dia menilai Rapor Pendidikan mampu menjadi pendukung sekolah melakukan pembenahan berbasis data.
 
Sebagai fasilitator pendidikan, Devy berbagi cerita tentang cara memfokuskan pembelajaran berdasarkan hasil Rapor Pendidikan di sekolahnya. Dia menyebut dampak dari pemanfaatan Rapor Pendidikan sangat baik untuk satuan pendidikan.
 
“Saya mengajak siswa menggunakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan sistematis. Misalnya, belajar tentang kopi dari Toraja, siswa bisa mengetahui daerah Toraja melalui internet, sehingga mereka lebih paham dan juga bisa bijak menggunakan teknologi,” kata Devy.
 
Baca: Direspons Positif, Disdik Menilai Rapor Pendidikan Sederhana dan Keren
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif