Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Tak Hanya TPS dan TKA, Ada Tes Bahasa Inggris di UTBK 2022

Pendidikan sbmptn Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK LTMPT Bahasa Inggris UTBK 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 SBMPTN 2022
Citra Larasati • 13 Desember 2021 06:30
?Jakarta:  Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 akan menguji tiga materi yang terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Tak seperti tahun sebelumnya, materi Bahasa Inggris mulai diujikan di UTBK tahun ini.
 
Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo mengatakan, bahwa ada yang berbeda dengan materi tes UTBK 2022.  Jika tahun lalu hanya menguji TPS dan TKA, maka tahun ini LTMPT menambahkan materi ujian Bahasa Inggris.
 
"Kalau bicara materi tes ini yang berbeda. Materi tes terdiri dari TPS, Bahasa Inggris yang tahun lalu tidak ada, dan TKA. Setiap peserta hanya diperbolehkan mengikuti tes satu kali saja dan hasil tes akan diberikan secara individu, tidak diumumkan di media massa," kata Budi dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 di PTN yang digelar secara daring, Minggu, 12 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk materi TPS dan TPA masing-masing akan dibagi ke dalam empat sub tes.  Sehingga di dalam sertifikat nanti, nilai TPS akan ada 4 sub tes, yakni penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, pemahaman bacaan dan menulis.
 
Kemudian untuk TKA juga akan dibagi ke dalam empat sub tes, yakni TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi).  Sedangkan untuk TKA Soshum (Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi).
 
Baca juga:  LTMPT: UTBK SBMPTN 2022 Digelar Setelah Idulfitri, Ini Jadwal Lengkapnya
 
Budi mengatakan, tahun ini memasukkan materi Bahasa Inggris, setelah menerima masukan dari para rektor.  "Bahwa materi tersebut sangat dibutuhkan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris calon mahasiswa yang nantinya akan diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi," imbuh Budi.

Kelompok Ujian UTBK 2022:

Kelompok ujian Saintek
  1. TPS
  2. Bahasa Inggris
  3. TKA (Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia)
Alokasi waktu: 195 menit
 
Kelompok ujian Soshum
  1. TPS
  2. Bahasa Inggris
  3. TKA (Ekonomi, Sejarah, Sosiologi, Geografi)
Alokasi waktu: 195 menit
 
Kelompok ujian campuran
  1. Materi ujian TPS
  2. Bahasa Inggris
  3. TKA Saintek
  4. TKA Soshum
Alokasi waktu: 285 menit
 
LTMPT menjadwalkan pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar mulai 17 Mei-3 Juni 2022 secara serentak.  Jadwal pelaksanaan SBMPTN ini dipastikan bakal digelar setelah Idulfitri 2022.
 
Pelaksanaan UTBK juga bakal digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia, baik yang menggunakan WIB, WITA, maupun WIT.  Pelaksanaan UTBK akan dibagi ke dalam dua gelombang.
 
Gelombang I UTBK dimulai 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang II akan digelar 28 Mei-3 Juni 2022.  UTBK digelar selama 7 hari di setiap gelombang, dan setiap harinya akan dibagi ke dalam dua sesi, yakni pagi dan siang.
 
"Di detik yang sama mulainya.  Kalau bicara UTBK sendiri baru mulai di 17 Mei, artinya semua gelombang 1 dan 2 dilakukan setelah Lebaran.  InsyaAllah yang tes tidak saat kondisi berpuasa," kata Budi Prasetyo.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif