Ilustrasi: MI/Barry Fatahillah
Ilustrasi: MI/Barry Fatahillah

SNMPTN/SBMPTN 2022

LTMPT: UTBK SBMPTN 2022 Digelar Setelah Idulfitri, Ini Jadwal Lengkapnya

Pendidikan sbmptn Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK LTMPT PTN UTBK 2022 SNMPTN/SBMPTN 2022 SBMPTN 2022
Citra Larasati • 12 Desember 2021 22:45
Jakarta:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjadwalkan pelaksanaan Ujian Tes Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar mulai 17 Mei-3 Juni 2022 secara serentak.  Jadwal pelaksanaan SBMPTN ini dipastikan bakal digelar setelah Idulfitri 2022.
 
Pelaksanaan UTBK 2022 juga bakal digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia, baik yang menggunakan zona waktu WIB, WITA, maupun WIT.  Pelaksanaan UTBK akan dibagi ke dalam dua gelombang.
 
Gelombang I UTBK 2022 dimulai 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang II akan digelar 28 Mei-3 Juni 2022.  UTBK digelar selama 7 hari di setiap gelombang, dan setiap harinya akan dibagi ke dalam dua sesi, yakni pagi dan siang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di detik yang sama mulainya.  Kalau bicara UTBK sendiri baru mulai di 17 Mei, artinya semua gelombang 1 dan 2 dilakukan setelah Lebaran.  InsyaAllah yang tes tidak saat kondisi berpuasa," kata Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo, dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 di PTN yang digelar secara daring, Minggu, 12 Desember 2021.
 
LTMPT: UTBK SBMPTN 2022 Digelar Setelah Idulfitri, Ini Jadwal Lengkapnya
Jadwal pelaksanaan UTBK 2022. Foto: Dok. LTMPT
 
LTMPT mengimbau kepada calon peserta UTBK-SBMPTN agar memilih lokasi Pusat UTBK yang terdekat dengan domisilinya.  Imbauan ini mengingat kondisi covid-19 yang belum menentu saat ini.
 
"Mohon bantuannya, karena masih belum tahu persis kondisi covid-19 di bulan Mei, disarankan untuk tes UTBK di pusat UTBK terdekat. Tidak perlu sambil dolan tesnya," imbau Budi.
 
Budi juga mengatakan, bahwa siswa yang lulus tahun 2020/2021 dan ingin mengikuti UTBK-SBMPTN wajib membawa ijazah saat tes berlangsung.  Sedangkan bagi siswa yang saat ini masih duduk di kelas XII cukup membawa surat keterangan identitas pelajar dari sekolah.
 
LTMPT: UTBK SBMPTN 2022 Digelar Setelah Idulfitri, Ini Jadwal Lengkapnya
Jadwal UTBK-SBMPTN 2022. Foto: Dok. LTMPT
 
Ia menegaskan, bahwa siswa yang sudah diterima di jalur SNMPTN, tidak diperbolehkan lagi untuk mendaftar SBMPTN.  "Yang sudah diterima di jalur SNMPTN akan tertolak secara sistem saat mendaftar SBMPTN biasanya," imbuh Budi.
 
Baca juga:  Daftar SNMPTN/SBMPTN 2022 Wajib Punya Akun LTMPT, Begini Aturannya
 
Panitia LTMPT telah menyiapkan 74 Pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia. Lokasi kota dan tanggal tes dapat dilihat di informasi resmi LTMPT  https://www.ltmpt.ac.id.
 
Untuk pelaksanaan UTBK 2022, sejumlah Pusat UTBK akan mendapatkan bantuan perangkat komputer yang dapat digunakan pada hari H pelaksanaan ujian.  "Kita ada bantuan komputer, kepada teman-teman di pusat UTBK agar dimanfaatkan semaksimal mungkin, kami mohon dengan sangat, bahwa komputer itu untuk fasilitas UTBK. Idealnya ditempatkan di satu lokasi, saat dekat UTBK sudah free dan bisa untuk digunakan," tegasnya

Biaya UTBK 2022

Untuk kelompok ujian saintek atau kelompok ujian soshum, peserta akan diminta membayar biaya UTBK sebagai syarat pendaftaran SBMPTN sebesar Rp 200 ribu.  Sedangkan untuk kelompok ujian campuran (saintek dan soshum) akan dikenakan biaya sebesar Rp300 ribu.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif