Peluncuran program beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies. Foto: Humas UIN Jakarta.
Peluncuran program beasiswa Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies. Foto: Humas UIN Jakarta.

UIN Jakarta Sediakan Beasiswa Studi Bahasa dan Sastra Arab

Pendidikan Beasiswa Bantuan Pendidikan PTKI
Arga sumantri • 23 Desember 2021 08:32
Jakarta: UIN Jakarta meluncurkan Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies, Rabu, 22 Desember 2021. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh studi bahasa Arab jenjang Sarjana dan Magister di UIN Jakarta.
 
Rektor UIN Jakarta Amany Lubis menuturkan, program beasiswa ini bertujuan mendukung pengembangan studi Bahasa dan Sastra Arab di lingkungan UIN Jakarta. Hal ini juga sejalan dengan dorongan kajian naskah-naskah filologis berbasis bahasa Arab.
 
Program beasiswa didedikasikan kepada nama Prof. Dr. Nabilah Lubis. Ia merupakan salah satu Guru Besar Sastra Arab dan Filologi yang pernah dimiliki UIN Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berharap program ini bisa melanjutkan perkembangan studi bidang keilmuan yang beliau tekuni selama ini. Sehingga lahir para penerusnya di masa depan," ungkap Amany, melansir siaran pers UIN Jakarta, Kamis, 23 Desember 2021.
 
Baca: UIN Jakarta Bahas Pentingnya Peran Perempuan di Era Society
 
Pengelolaan program beasiswa ini dipercayakan kepada lembaga Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta. Nantinya, STF UIN Jakarta akan menyalurkan kepada mahasiswa melalui proses seleksi administrasi maupun akademik calon penerima.
 
Direktur STF Amelia optimistis program beasiswa ini bakal sangat membantu mahasiswa kajian bahasa Arab. Menurutnya, minat studi bahasa dan satra Arab cukup tinggi di UIN Jakarta.
 
"Tetap minat studi ini belum sebanding dengan dukungan yang ada. Mahasiswa di UIN Jakarta masih banyak yang perlu dibantu. Mereka punya potensi raih pendidikan magister dan doktor, namun terkendala biaya studi," jelas Amelia.
 
Program Professor Nabilah Lubis Scholarship for Arabic Studies sendiri menambah daftar program beasiswa yang dikelola STF UIN Jakarta. Sebelumnya, STF dipercaya mengelola Program Azyumardi Azra Scholarsip (AAS) dari Prof. Dr. Azyumardi Azra untuk mahasiswa studi-studi sejarah Islam Indonesia dan studi filantropi.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif