Ribuan pencari kerja mengisi data saat mendatangi pameran Indonesia Career Expo 2018, MI/Ramdani.
Ribuan pencari kerja mengisi data saat mendatangi pameran Indonesia Career Expo 2018, MI/Ramdani.

Persentase Pengangguran Terbuka Lulusan SMK Terus Turun

Pendidikan Lulusan SMK
Intan Yunelia • 08 November 2018 19:49
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan data, bahwa tren Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK)lulusan SMK secara umum terus meningkat. Meski berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lulusan SMK masih menyumbang angka pengangguran terbuka tertinggi tahun ini.
 
Mendikbud, Muhadjir Effendy memaparkan, upaya pemerintah merevitalisasi SMK di Indonesia mulai membuahkan hasil. Hal itu terlihat dari TPAK lulusan SMK yang meningkat di 2018. Muhadjir mengatakan, sejak kebijakan revitalisasi dilaksanakan, sudah terlihat beberapa perubahan yang signifikan.
 
Jurusan yang lebih dirampingkan sesuai dengan kebutuhan kerja, imbasnya banyak lulusan SMK terserap di dunia kerja.“Dalam aspek partisipasi kerja lulusan SMK menurut data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakeranas) 2014-2018 pada pendataan Agustus maupun Februari selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya,” kata Muhadjirdi acara diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) dengan tema ‘Pengurangan Pengangguran’ di Kantor Kementerian PPN, Jakarta Pusat, Kamis 8 November 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Mendikbud: Pengangguran Bukan Produk Revitalisasi SMK
 
Dalam data Sakernas 2015 Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja lulusan SMK pada Februari 2015 di angka 11.800 jiwa, dan Februari 2018 sebesar 14.545 jiwa telah berpartisipasi kerja.
 
Dari data tersebut, Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menyimpulkan, bahwa pengangguran terbuka sebenarnya terus menurun dari kalangan lulusan SMK. Merujuk pada data Sakernas 2016, penggangguran di angka 9,84% dan pada tahun 2018 tersisa 8,92%.
 
“SMK merupakan tingkat pendidikan yang persentase penurunan pengangguran terbukanya selalu turun setiap tahun,” tutur Muhadjir.
 
Sebaliknya,angka partisipasi lulusan SMK berada di angka 10.837 lulusan SMK. Sedangkan pada Agustus 2018 ini berada di angka 13.682.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif