Deputy Chairman Media Group, Rerie Lestari Moerdijat, Medcom.id.
Deputy Chairman Media Group, Rerie Lestari Moerdijat, Medcom.id.

OSC Wujud Komitmen Media Group Majukan Pendidikan

Pendidikan beasiswa osc
Intan Yunelia • 21 Desember 2018 19:50
Jakarta: Komitmen dan kepedulian Media Group dalam memajukan dunia pendidikan nasional bukan hal baru dan tidak perlu lagi diragukan. Sejumlah aksi dan peran nyata dalam mencerdaskan anak bangsa telah dan masih terus dilakukan secara konsisten, salah satunya melalui program Online Scholarship Competition (OSC) yang telah diinisiasi anak usaha Media Group, yakni Medcom.idsejak 2015 lalu.
 
Deputy Chairman Media Group, Rerie Lestari Moerdijat menyampaikan, dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia ada tiga aspek yang sangat berperan. Di antaranya akses, ketersediaan sarana dan prasarana, serta kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih tinggi lagi.
 
Kolaborasi antara anak, orangtua dan lingkungan masyarakat juga memegang peran penting terhadap kemajuan pendidikan anak-anak Indonesia. “Dan di sinilah kami (Media Group) sebagai bagian dari masyarakat mengambil peran itu, melalui Medcom.id untuk bisa sedikit memberi sumbangsih,” kata Rerie kepada Medcom.id usai Awarding Night Beasiswa OSC 2018, di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis malam, 20 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:360 Peraih Beasiswa OSC Medcom.id 2018 Telah Terpilih
 
Rerie juga mengatakan, dari berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh unit-unit usaha Media Group, pendidikan memang menjadi salah satu bidang yang mendapat perhatian khusus. "Pendidikan satu aspek utama dan penting yang mendapatkan perhatian secara khusus,” kata Rerie.
 
Termasuk program OSC, merupakan salah satu program pendidikan yang mendapatkan perhatian khusus tersebut. Setiap tahunnya, OSC sendiri juga menunjukkan tren yang menggembirakan, baik dari sisi animo pelajar peserta OSC maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang bekerja sama menyediakan kuota beasiswa.
 
Jumlah pendaftar OSC Medcom.id tahun ini meningkat, dari 42 ribu peserta di tahun lalu, menjadi tak kurang dari 54 ribu peserta di penyelenggaraan 2018. Selain jumlah peserta, jumlah perguruan tinggi pemberi beasiswa juga mengalami peningkatan, dari 12 kampus di 2017 menjadi 18 kampus yang bergabung memberikan beasiswa tahun ini.
 
“Dengan sadar, Media Group dengan unit usahanya mencoba memberikan kesempatan bagi lebih banyak lagi anak Indonesia untuk mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Itu bagian dari impian dan cita-cita Media Group dalam memajukan negeri,” ujar Rerie.
 
Tidak hanya OSC yang terhitung masih belia. Jauh ke belakang, Media Group juga telah lama memiliki program pendidikan bagi anak-anak korban bencana gempa dan tsunami Aceh. Program ini diwujudkan melalui Yayasan Sukma Bangsa dengan mendirikan sekolah Sukma Bangsa di Aceh sejak 12 tahun lalu dan masih berjalan hingga hari ini.
 
Baca:Kemendikbud Usul Kuota Penerima Beasiswa OSC Bertambah
 
Berawal dari tragedi tsunami yang menimpa Aceh 2004 lalu, ratusan ribu orang menjadi korban, sejumlah anak kehilangan orangtua dan sanak saudara. Ketidakjelasan masa depan pun membayangi mereka kala itu.
 
Melihat kondisi itu. Chairman Media Group sekaligus pendiri Yayasan Sukma Bangsa, Surya Paloh tergerak, lalu mencetuskan ide untuk memberi bantuan pendidikan terhadap anak-anak korban tsunami Aceh tersebut. Dua tahun setelah bencana dahsyat itu, Yayasan Sukma Bangsa berdiri dan membuka sekolah yang menyediakan beasiswa penuh bagi anak-anak korban tsunami Aceh.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif