Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pandemi Dinilai Bisa Jadi Momentum Pemerataan Pendidikan

Pendidikan Virus Korona Kualitas Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 Agustus 2020 19:25
Jakarta: Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian menyebut pandemi virus korona (covid-19) harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk pemerataan pendidikan. Dengan begitu, mutu pendidikan di semua sekolah bisa meningkat dan terjadi transformasi pendidikan.
 
"Bisa menggunakan peluang ini, kalau kata Pak Jokowi (Presiden Joko Widodo) bajaklah covid-19 mendorong satu perubahan ataupun transformasi," kata Hetifah dalam webinar, Jumat, 21 Agustus 2020.
 
Hetifah mengatakan, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah guna mencapai target pemerataan pendidikan. Salah satunya, pembangunan infrastrukur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pembangunan infrastruktur telekomunikasi bisa cepat sampai di pelosok," ujarnya.
 
Baca:Pemerataan Internet Jadi Tantangan Utama Pembelajaran Daring
 
Peningkatan literasi digital bagi para guru juga mesti dipercepat. Tingkat literasi digital guru yang merata sudah barang tentu bisa berkontribusi mempercepat pemerataan mutu pendidikan.
 
Peran pemerintah daerah (Pemda) juga tak kalah penting. Pemda mesti terlibat aktif dalam menggunakan dan menyebarkan literasi digital dan infrastruktur telekomunikasi untuk pembelajaran daring.
 
"Seperti di Balikpapan itu daerah pemilihan saya, ada satu gerakan mendonasikan handphone. Catatannya mereka punya data siapa anak-anak yang membutuhkan gawai," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif