Ilustrasi lampu lalu lintas. MI/Pius Erlangga
Ilustrasi lampu lalu lintas. MI/Pius Erlangga

Siapa Sebenarnya Penemu Lampu Lalu Lintas? Simak Sejarah dan Perkembangannya

Medcom • 10 Maret 2022 17:48
Jakarta: Ketika Sobat Medcom melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “penemu lampu lalu lintas”, maka akan muncul dua nama tokoh di hasil pencarian teratas. Mereka adalah John Peake Knight dan Garrett Morgan.
 
Hal ini tak jarang menimbulkan kebingungan, benarkah benda tersebut dicetuskan dua orang? Untuk mengetahui faktanya, simak sejarah dan perkembangan lampu lalu lintas berikut ini yang dikutip dari laman Ruangguru:

Pertama kali dicetuskan John P Knight

Tokoh yang pertama kali menemukan lampu lalu lintas ternyata John Peake Knight, seorang manajer kereta api asal Inggris. Terobosan ini berawal dari keprihatinan atas kondisi jalanan di negara tempat tinggalnya.
 
Pada 1866, jalanan di kota London tercatat merenggut 1.102 jiwa akibat kecelakaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Knight mengusulkan sistem sinyal guna mengatur lalu lintas. Alhasil, dia membuat lampu lalu lintas menggunakan lentera betenaga gas yang berputar dengan lampu merah dan hijau di ujung lengan kayu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siapa Sebenarnya Penemu Lampu Lalu Lintas? Simak Sejarah dan Perkembangannya
Lampu lalu lintas dari lentera. DO Ruangguru
 
Penemuan ini awalnya disambut baik masyarakat setempat. Sayangnya, proyek tersebut tak berlangsung lama dan harus dihentikan pada 1869. Sebab, lampu temuan Knight tiba-tiba meledak dan mengakibatkan seorang polisi terluka parah.

Ide Knight dikembangkan oleh Garrett Morgan

Meskipun dicap sebagai ‘produk gagal’, Garrett Morgan terus mengembangkan inovasi Knight. Pada 1922, pria asal Amerika Serikat itu akhirnya menemukan perangkat kontrol lalu lintas otomatis dengan tenaga baterai atau koneksi ke sumber listrik utama.
 
Alat ciptaan Morgan itu menjadi lampu lalu lintas pertama dengan tiga lampu sinyal, yakni berhenti, pergi, dan hati-hati, sebagaimana yang dikenal seperti sekarang. Sinyal pada alat ini dapat diubah dengan mudah oleh seorang petugas pengatur lalu lintas.
 
Siapa Sebenarnya Penemu Lampu Lalu Lintas? Simak Sejarah dan Perkembangannya
Garett Morgan dan lampu lalu lintas ciptaannya. DOK Ruangguru
 
Kala itu, sinyal berhenti digunakan untuk membersihkan area persimpangan agar pejalan kaki dapat menyeberang. Sedangkan, sinyal pergi menandakan penguna jalan dapat melintas ketika arah lain tengah berhenti. Adapun peringatan hati-hati digunakan ketika operator perangkat tidak ada.
 
Morgan lantas mengajukan hak paten atas temuannya itu pada 1922. Namun, setelah memperoleh kredit, dia menjual hak tersebut kepada General Electric seharga USD40 ribu. Bila dirupiahkan dengan kurs sekarang, penjualan ini bernilai sekitar Rp600 juta.
 
Itulah sekilas sejarah dan perkembangan lampu lalu lintas yang kerap membingungkan lantaran dipantenkan dua orang berbeda dalam kurun waktu berbeda pula. (Nurisma Rahmatika)
 
Baca: Unik, Begini Ternyata Asal Usul Nama 'Perjanjian Roem Royen'
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif