Rektor UI, Ari Kuncoro. Foto: UI/Humas
Rektor UI, Ari Kuncoro. Foto: UI/Humas

UI Terapkan Full Kuliah Daring Respons Pandemik Korona

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 13 Maret 2020 20:51
Jakarta:  Universitas Indonesia (UI) akan mengubah kegiatan perkuliahan tatap mukanya menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Kebijakan tersebut terhitung sejak hari Rabu, 18 Maret 2020 hingga berakhirnya semester genap Tahun Ajaran 2019/2020.
 
Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan, langkah tersebut tertuang dalam butir kelima di Surat Edaran nomor 03/UN2.R/OTL.09/2020 tentang Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi coronavirus disease (covid-19) di Lingkungan Universitas Indonesia.  "UI tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar, diubah dari bentuk kuliah tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)," kata Ari Kuncoro dalam surat edaran yang diterima Medcom.id, Jumat, 13 Maret 2020.
 
Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Infeksi covid-19 menjelaskan secara rinci berbagai bentuk/format PJJ yang dapat diterapkan. "Pimpinan Fakultas dan Program Studi diminta untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan para dosen untuk dapat menyelenggarakan PJJ," ujar Ari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Universitas Indonesia juga tetap menyelenggarakan KBM dalam bentuk praktik, seperti praktik laboratorium, praktik klinik, praktik di industri, dan praktik di berbagai institusi.  Namun KBM dalam bentuk praktik tersebut harus terlebih dahulu memastikan bahwa tempat-tempat praktik yang akan digunakan menerapkan upaya pencegahan penularan infeksi covid-19. 
 
"Pimpinan Fakultas dan Program Studi dapat melakukan penjadwalan ulang penyelenggaraan praktik-praktik tersebut disesuaikan dengan perkembangan keadaan," imbuh Ari.
 
Ari juga meminta penundaan atau penjadwalan ulang penyelenggaraan KBM dalam bentuk praktik lapangan di masyarakat, seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktik Belajar Lapangan atau menggantinya dengan metode pembelajaran Iain. "Dalam hal praktik lapangan di masyarakat tidak dapat dijadwal ulang dan tidak dapat diganti dengan metode Iain, maka penyelenggaraan praktik lapangan di masyarakat harus disertai dengan tindakan kewaspadaan dan pencegahan penularan infeksi covid-19 yang sebaik mungkin," tegasnya.
 
Baca juga:  10 Instruksi Terbaru Rektor UI Terkait Korona
 
Sebelumnya, Universitas Indonesia (UI) menerbitkan Surat Edaran yang berisi 10 instruksi untuk dipatuhi seluruh sivitas akademika dalam mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di lingkungan UI. Menyusul ketetapan World Health Organization (WHO) yang mengubah status kejadian infeksi Covid-19 dari Public Health Emergency of International Concern menjadi Pandemi.
 
Surat Edaran tersebut bernomor: SE-703/UN2.R/OTL.09/2020 tentang Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di Lingkungan Universitas Indonesia.  Menurut Rektor UI, Ari Kuncoro dalam edaran tersebut mengatakan, langkah-langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen UI dalam melindungi keselamatan dan kesehatan segenap warganya.
 
?Protokol ini diterbitkan berdasarkan kajian yang komprehensif dan mendalam atas bermacam data dan informasi yang relevan, termasuk perkembangan global infeksi Covid-19, pengalaman berbagai negara dalam menghadapinya.  Serta petunjuk dan pedoman yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yakni Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif