Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Dirjen Guru: Orientasi Merdeka Belajar Yakni Menjawab Permasalahan Murid

Pendidikan Kualitas Pendidikan Kualitas Guru Merdeka Belajar
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Juni 2020 08:04
Jakarta: Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK)Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Iwan Syahril menyampaikan pentingnya kesadaran bahwa orientasi utama konsepMerdeka Belajar adalah murid. Makanya, program-program yangdilakukan harus berorientasi menjawab permasalahan murid.
 
"Gerakan bersama, gotong royong bagaimana caranya semua hal-hal baikkita sinergikan bersama untuk kemajuan pendidikan Indonesia dengantujuan murid," kata Iwan dalam Temu Wicara Pemangku KepentinganProgram Pintar Tanoto Foundation, Kamis, 4 Juni 2020.
 
Pemahaman ini, kata dia, amat penting dimiliki seorang guru. Makanya, perlu ada dukungan terhadap pendidikan profesi guru yang berkualitas. Dengan begitu, guru tidak hanya mempunyai kemampuan kognitif, tetapi memahami nilai-nilai profesinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu yang bisa dilakukan, kata dia, yakni pelatihan guru berbasissekolah. Pelatihan ini akan fokus ke masalah-masalah yang dihadapimurid di masing-masing sekolah, sehingga kendala yang dialamibisa ditemukan solusinya.
 
"Pelatihan lebih sering dan relevan, fokus yang terjadi di sekolah, relevandan bisa membantu murid," ujarnya.
 
Baca:IGI: Penundaan Tahun Ajaran Baru untuk Tingkatkan Kapasitas Guru
 
Iwan menambahkan, murid harus didorong pula untuk memiliki profil sebagai pelajar Pancasila. Maksudnya, pelajar harus diasah untuk mampu bersaing secara global, namun tetap memiliki nilai-nilai dasar sebagai bangsa Indonesia.
 
"Kreatif, gotong royong, dalam konteks keterampilan abad 21 ini kolaborasi. Tetapi memiliki nilai lebih dalam, ada empati sosial, membantu saudara-saudara kita," ujarnya.
 
Penting juga mendorong pelajar memiliki wawasan kebhinekaan global. Artinya, tidak hanya memahami keragaman dalam konteks nasional tapi juga dunia internasional dan menjadi warga dunia. Lalu, bernalar kritis dan belajar mandiri."Mau mengambil inisiatif percaya diri bisa berkembang terus menerus," kata Iwan.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif