Mobil Urban Listrik UMM Pecahkan Rekor Dunia
Mobil listrik karya mahasiswa UMM, dokumentasi UMM.
Malang:Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) baru saja meraih prestasi dalam ajang bergengsi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018. Mekatronic Team UMM menyabet Juara 1 dalam Kategori Urban Listrik.

Untuk diketahui, KMHE adalah event yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam skala nasional. Tiap tahunnya, ajang ini memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi.


Dengan mengandalkan kendaraan Genetro Suryo U.E.V 06, UMM unggul dengan hasil terbaik yakni 335,09 KM/KWH. Kampus putih ini menjadi juara, usai menyisihkan tim dari perguruan tinggi lainnya.

"Mobil Listrik UMM kemarin berhasil menjadi yang terjauh, dengan efisiensi terbaik," kata Afrianto, Drive Train Mekatronic Team UMM, Minggu 2 Desember 2018.

Baca: Beras Analog Karya Dosen UMM Bisa Cegah Stunting

Sementara itu, Pembina Mekatronic Team UMM, Mohammad Jufri mengaku perolehan nilai UMM tersebut berhasil memecahkan rekor Asia dan dunia.  "Informasi dari panitia, angka yang diraih oleh tim UMM ini memecahkan rekor Asia dan Dunia," bebernya.

Capaian ini diakui oleh Jufri, dicapai atas kerja keras seluruh anggota tim. Beberapa hal dilakukan untuk merancang mobil seefisien  mungkin. Di antaranya dengan meminimalisir berat kendaraan agar lebih ringan.

"Angka tersebut diperoleh atas kerja keras tim, dengan melakukan beberapa modifikasi pada mobil itu sendiri," papar Dosen Teknik Mesin ini.

Selanjutnya, mobil listrik andalan UMM itu, bakal mempersiapkan diri untuk berlaga pada Shell Eco Marathon Asia (SEMA) 2019 yang rencananya digelar April 2019 di California, Amerika Serikat



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id