Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: IG @nadiemmakarim
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: IG @nadiemmakarim

Nadiem Bakal Rancang Kebijakan Tentang Pembelajaran Musik di Sekolah

Pendidikan indonesia musik Hari Musik Nasional Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 15 Maret 2021 21:47
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim ingin pembelajaran seni musik di sekolah agar berbasis eksperimen. Materi yang digunakan harus memiliki metode pembelajaran apresiasi musik.
 
"Kemendikbud ingin mengembangkan materi dan metode pembelajaran apresiasi musik berbasis eksperimen, atau masukan empiris atau pengalaman langsung," kata Nadiem secara virtual dalam Peringatan Hari Musik Nasional di Gedung Kemendikbud Jakarta, Senin, 15 Maret 2021.
 
Dia juga meminta pembelajan musik disekolah dapat dikembangkan secara kontekstual untuk siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Jenjang Menengah Pertama (SMP). Tujuannya, agar proses belajar seni musik menjadi menyenangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengajak siswa menjalani proses belajar yang menyenangkan sebagai bentuk jangka panjang pengarusutamaan kebudayaan di dalam pendidikan, yang merupakan suatu prioritas dalam Merdeka Belajar," terang dia.
 
Baca: Nadiem Rancang Sistem Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Musisi Tradisi
 
Nadiem menyampaikan jika hal tersebut bakal menjadi kebijakan. Dia pun bakal menyusun rancangan kebijakan pembelajaran musik tersebut.
 
Rencananya, kebijakan itu bakal disusun sepanjang dua tahun ini. Seluruh stakeholders atau pemangku kepentingan di bidang musik pun dilibatkan.
 
"Melibatkan musisi, dan pelaku pendidikan musik, akademisi, pihak kekayaan intelektual, sejarawan musisi, serta asosiai profesi di bidang seni musik dan seni pertunjunan," tutup Nadiem.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif