Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan layar.
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Tangkapan layar.

Nadiem Rancang Sistem Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual Musisi Tradisi

Pendidikan indonesia musik Hari Musik Nasional Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 15 Maret 2021 20:26
Jakarta: Guna mendukung semangat kerja keras para musisi tradisional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bakal merancang kebijakan di bidang musik. Salah satunya, terkait perlindungan kekayaan intelektual karya musisi.
 
"Kami menyusun kebijakan tata kelola perlindungan kekayaan intelektual bagi musisi tradisi yang mengembangkan musik insturmen tradisonal Indonesia," kata Nadiem secara virtual dalam Peringatan Hari Musik Nasional di Gedung Kemendikbud Jakarta, Senin 15 Maret 2021.
 
Pihaknya juga bakal mengeksplorasi tata kelola perlindungan karya intelektual komunal untuk musik tradisional Indonesia. Dalam pelaksanaanya, Kemendikbud bakal bekerja sama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan juga melibatkan berbagai pemangku kepentingan di bidang musik dan seni pertunjukkan tradisional dan menyambut baik inisiatif pemangku kepentingan di bidang musik tradisional Indonesia," jelas dia.
 
Baca: Lindungi Hak Kekayaan Intelektual, Data Hasil Karya Musisi akan Dibuat Terpadu
 
Selanjutnya, Kemendikbud juga bakal mendirikan lembaga advokasi perlindungan musik tradisional dan musisi tradisi. Dengan mengembangkan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).
 
"Hal ini guna mendukung semangat dan kerja keras yang ditunjukkan musisi," ungkap Nadiem.
 
Di masa pandemi ini, kata Nadiem, para musisi telah menunjukkan kemampuannya beradaptasi. Para musisi telah merespons perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen musik dengan merambah dunia digital.
 
"Sehingga saat ini musik telah menjadi bentuk ekspresi artistik yang menampilkan berbagai luar biasa dinamikanya di tengah pandemi," terang dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif