Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023, Prof. Dr. H. Jamal Wiwoho S.H.,M.Hum, Medcom.id/Intan Yunelia.
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023, Prof. Dr. H. Jamal Wiwoho S.H.,M.Hum, Medcom.id/Intan Yunelia.

Jamal Wiwoho Rektor Baru UNS

Pendidikan pelantikan rektor
Intan Yunelia • 12 April 2019 18:20
Jakarta:Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir melantik Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023, Prof. Dr. H. Jamal Wiwoho S.H.,M.Hum, Jumat, 12 April 2019. Jamal menggantikan rektor sebelumnya Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S.
 
Jamal Wiwoho terpilih setelah sebelumnya dipilih secara musyawarah pada pemilihan rektor UNS beberapa waktu lalu. Jamal terpilih tanpa pemungutan suara, setelah ketiga kandidat rektor bersepakat memilihnya sebagai calon tunggal dalam pemilihan rektor tersebut.
 
Saat ditemui Medcom.id, Jamal berkomitmen melanjutkan cita-cita UNS yang telah dirintis rektor sebelumnya, yakni membawa UNS menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"UNS dalam hal ini sudah mempersiapkannya dan tinggal menunggu saja," kata Jamal kepada Medcom.id usai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pimpinan Perguruan Tinggi di Gedung D Kemenristekdikti, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 12 April 2019.
 
Baca:Jamal Wiwoho Calon Tunggal Rektor UNS
 
Jamal yang untuk sementara masih menjabat sebagai Inspektur Jenderal (irjen) Kemenristekdikti ini mengatakan, UNS telah siap menjadi PTN-BH karena sudah memenuhi persyaratan. Hal tersebut sudah disampaikan kepada Kemenristekdikti dan Presiden Joko Widodo.
 
Syarat yang ditetapkan dalam untuk PTN BH adalah perguruan tinggi bersangkutan harus masuk dalam peringkat sembilan besar nasional dalam publikasi internasional dan paten, 80 persen program studinya telah berakreditasi “A” oleh BAN-PT, opini keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama dua tahun berturut-turut, serta perolehan prestasi kegiatan kemahasiswaan di level internasional.
 
Selain itu, kata Jamal, jumlah SDM dosen yang telah bergelar doktor (S3) harus minimal 50 persen."Jadi kita tunggu saja, sejak November lalu sebenarnya kita sudah memberikan itu (menyerahkan persyaratan)," ujarnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Jamal Wiwoho ditetapkan sebagai Rektor terpilih Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta periode 2019-2023. Penetapan ini berdasarkan Sidang Senat Tertutup yang digelar di Ruang Sidang 2 Gedung Rektorat UNS pada Selasa, 26 Maret 2019.
 
Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS, Sahid Teguh Widodo mengatakan, Pemilihan Rektor dilaksanakan dengan mekanisme musyawarah dan mufakat berdasarkan permufakatan yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 10 Februari 2019 oleh ketiga calon rektor yaitu Jamal Wiwoho, Sutarno dan Widodo Muktiyo.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif