Ilustrasi SBMPTN. MI/Adi Kristiadi.
Ilustrasi SBMPTN. MI/Adi Kristiadi.

Sempat Hilang Selera Makan Menunggu Pengumuman SBMPTN

Pendidikan SNMPTN/SBMPTN 2019 SBMPTN 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 09 Juli 2019 13:57
Jakarta: Hari ini boleh jadi hari yang paling ditunggu bagi para siswa yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sore nanti tepat pukul 15.00 WIB, sekitar 700 ribu orang akan mengakses secara daring pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
 
Sejumlah peserta SBMPTN mengaku deg-degan, menungguwaktu pengumuman tiba sore nanti. Beberapaada yang akan memantau melalui gawai, namun ada pula yang melalui perangkat komputer.
 
Salah satunyaAndini, lulusan Islamic Modern Boarding School Riyadhul Jannah, Subang, Jawa Barat, tak hanya sekadar berdebar-debar. Ia mengaku sampai tidak berselera makan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Andini memilih jurusan Manajemen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di SBMPTN ini. Sementara itu pilihan kedua adalah prodi Manajemen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.
 
"Yang pastinya gelisah,deg-deganenggakkaruan sakit perutenggakmau makan. Pokoknya
enggakenak hatideh, semoga yang aku alami terbalaskan dengan warna hijau," ujar Andinisaat dihubungimedcom.id, di Jakarta, Selasa, 9 Juli 2019.
 
Baca:Siap-siap, Hasil SBMPTN Diumumkan 15.00 WIB
 
Perasaan senada juga dirasakan Bima, lulusan SMAN 1 Bantan, Riau. Ia mengaku deg-degan menunggu pukul tiga sore nanti. Bima berharap namanya muncul sebagai calon mahasiswa baru di program studi pendidikan olahraga dan rekreasi di Universitas Riau (Unri), Pekanbaru, Riau.
 
"Pastinya deg-degan banget. Tapi insya Allah yakin dan percaya saya pasti bisa lulus di PTN yang saya impikan," kata Bima.
 
Ia memiliki misi mulia jika diterima di Universitas Riau, yakni ingin mengabdi menjadi guru olahraga. Ia mengaku, itu merupakan cita-citanya sejak kecil.
 
"Nantinya akan menjadi seorang guru. Itu sih cita-cita saya dari kecil," ujarnya.
 
Sementara itu, Arindo lulusan MAN 1 Kuantan Singingi mengaku jantungnya berdegup kencang menunggu waktu pengumuman hasil SBMPTN sore nanti. Ia berharap bisa diterima di Jurusan sastra Indonesia Universitas Padjadjaran (Unpad).
 
"Saya harus optimistis, karena Allah telah mengatur semua, apapun hasilnya, insya Allah itu yang terbaik," ujarnya.
 
Baca:Suasana Pengumuman SBMPTN Diperkirakan Tak Seheboh Biasanya
 
Arindo juga mengaku terus berdoa demi diterima di kampus impian. Tak lupa ia juga minta restu dan doa dari keluarga.
 
"Terutama orangtua saya, insya Allah upaya dan ibadah terus saya lakukan demi SBMPTN ini," terangnya.
 
Jumlah pendaftar peserta SBMPTN 2019 tercatat sebanyak 714.652 peserta, sebanyak 360.329 perserta atau 50,42 persen memilih program studi saintek, 345.896 perserta atau 48,40 persen memilih program studi soshum dan sisanya 8.427 atau 1,18 persen memilih program studi campuran.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif