Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto
Ilustrasi. Foto: MI/Sumaryanto

Subsidi Pulsa Diharapkan Lanjut Meski Pemda Sediakan WiFi Gratis

Pendidikan Kebijakan pendidikan Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 07 September 2020 13:26
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelontorkan dana sebesar Rp7,2 Trilun untuk bantuan pulsa belajar daring. Bantuan pulsa ini bakal diberikan kepada pelajar, guru dan dosen dalam bentuk kuota internet.
 
Wasekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Satriwan Salim berharap subsidi tersebut berjalan lancar. Meskipun, beberapa Pemerintah Daerah belakangan turut menyediakan WiFi atau jaringan internet secara gratis di ruang publik untuk dimanfaatkan pelajar hingga guru.
 
"Artinya saya pikir tidak apa-apa, semua pemerintah baik itu level Pemda atau nasional seperti Kemendikbud menyediakan itu. Saya lihat tidak ada yang mubazir karena semua itu kebutuhan," ujar Satriwan kepada Medcom.id, Senin, 7 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi dia subsidi kuota internet tetap yang utama. WiFi yang disediakan beberapa Pemda, sifatnya hanya pelengkap.
 
"Terkait WiFi gratis itu kan tidak semua (daerah) ada, dan itu pun sifatnya terbatas. Waktunya terbatas dan harus ke kantor-kantor desa, tapi itu kami apresiasi," jelas dia.
 
Baca: Telkom University Sediakan Puluhan Beasiswa OSC Medcom.id 2020
 
Satriwan mengatakan, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, fasilitas WiFi gratis itu belum menyentuh seluruh daerah.
 
"Di daerah saya di Rawamangun (Jaktim) itu tidak ada. Tidak ada pemuda itu yang belajar untuk daring pakai WiFi yang dari Pemda," ujarnya.
 
Menurut dia, WiFi gratis tak bisa dimanfaatkan 24 jam. Sebab, sudah barang tentu para siswa tak bisa keluar pada malam hari demi sekadar mengakses WiFi gratis.
 
"Kalau subsidi kuota dia kan bisa menggunakan itu 24 jam dalam pembelajaran. Dan lebih safety karena bisa malam. Tapi Kalau WiFi gratis itu tentu dia tidak bisa belajar malam kan. Karena di titik tertentu saja," ungkap Satriwan.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif