Kampus Undip. Foto: Antara
Kampus Undip. Foto: Antara

Pendaftaran Jalur Mandiri UNDIP Ditutup Besok

Pendidikan Jalur Mandiri UTBK SNMPTN/SBMPTN 2021 SBMPTN 2021 UNDIP
Ilham Pratama Putra • 16 Juni 2021 12:21
Jakarta:  Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 baru saja diumumkan Senin 14 Juni 2021. Bagi peserta yang belum lolos, masih ada kesempatan melalui jalur Ujian Mandiri (UM) di sejumlah PTN, salah satunya di Universitas Diponegoro (Undip).
 
Hari ini, Selasa 15 Juni 2021 dilaksanakan uji coba Ujian Mandiri (UM) 2021 yang akan ditutup pendaftarannya pada tanggal 17 Juni 2021 mendatang. Jumlah peserta sementara yang terdaftar sampai dengan 15 Juni 2021 sudah mencapai sekitar 17 ribu peserta.
 
Namun terdapat perbedaan teknis dalam pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Undip 2020 dengan UM Undip tahun 2021. "UM Undip tahun 2020 menggunakan seleksi rapor serta portofolio, sedangkan pada tahun 2021 ini ditambah dengan tes tertulis berbasis komputer yang dikerjakan dari rumah masing-masing,” jelas Setia Budi Sasongko, Ketua LP2MP Undip dikutip dari laman UNDIP, Selasa 15 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut, ia menerangkan, walaupun dikerjakan dari rumah masing-masing, namun tetap diadakan kontrol oleh pengawas ujian. Peserta ujian diwajibkan menggunakan aplikasi Zoom dan menyalakan kamera di saat melakukan ujian.
 
"Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan kejujuran dalam seleksi peserta calon mahasiswa,” jelasnya.
 
Baca juga:  Pendaftaran Jalur Mandiri Unpad Dibuka Hingga 17 Juni
 
Sementara Ketua Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan Undip, Bambang Cahyono menambahkan, materi yang diujikan pada Ujian Mandiri (UM) Undip 2021 ini ada dua.  Yakni Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).
 
TPS untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa secara umum terdiri atas lima aspek yaitu kewarganegaraan, numerik, logika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggirs. Sedangkan TPA untuk mengukur hal-hal yang lebih khusus, TPA untuk SAINTEK terdiri atas mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi, dan Matematika serta TPA untuk SOSHUM terdiri atas mata pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.
 
Estimasi kuota yang akan diterima melalui jalur UM sebanyak 50% dari semua untuk jenjang S-1. Adapun jalur SNMPTN sebanyak 20 persen, dan jalur SBMPTN sebanyak 30 persen.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif