Ilustrasi SMK. DOK Kemendikbudristek
Ilustrasi SMK. DOK Kemendikbudristek

3 Segment, Perusahaan Animasi Besutan Alumni SMK Ini Tembus Pasar Global

Pendidikan animasi Prestasi Pelajar SMK
Renatha Swasty • 09 Mei 2022 12:23
Jakarta: Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang berhasil menapaki dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) kian banyak. Salah satunya, alumni SMKN 4 Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur, Muhammad Iksan.
 
Iksan mendirikan perusahaan animasi bernama 3 Segment. Bahkan, perusahaan animasi Iksan sudah menembus pasar global.
 
“Jadi, sejak masuk SMK memang saya sudah ingin mempelajari animasi dengan melihat tren visual,” kata Iksan dikutip dari laman kemendikbud.go.id, Senin, 9 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Iksan memiliki ketertarikan dalam dunia animasi. Keseriusannya mengulik hal-hal yang berkaitan dengan animasi membuatnya berani mendirikan perusahaan animasi bersama kakaknya.
 
3 Segment baru berusia 2 tahun, tapi sudah dapat menembus pasar global. Berkat kerja keras dan mengimplementasi pemasaran secara digital, 3 Segment berhasil menarik klien dari Negeri Samba, Brasil.
 
“Kami terus ekspansi ke market-market digital di luar sana, seperti Canva. Klien kami bahkan sudah ada yang dari luar negeri, Fiver dari Brazil, berupa social media management,” ujar Iksan.
 
Sebelum mendirikan 3 Segment, Iksan pernah bekerja lepas di sebuah studio animasi dengan membuat iklan animasi 2D maupun 3D. Iksan tidak puas sampai di situ dan terus mengasah kompetensi untuk dapat terus berkarya dan berkarier di bidang industri animasi.
 
Iksan mengaku perusahaannya juga terlibat dalam perhelatan PON Papua 2021. “PON Papua adalah proyek terbesar. Awalnya dari kakak saya mendapat panggilan diajak kerja sama, lalu kita mengerjakan visualnya,” tutur dia.
 
Iksan bakal terus mengembangkan perusahaannya di bidang industri animasi serta menyerap siswa di SMKN 4 Madiun untuk magang dan bekerja di perusahaannya. Iksan berpesan kepada mereka yang masih duduk di bangku SMK untuk fokus pada satu bidang yang menjadi passion demi sukses.
 
“Fokus apa yang kamu sukai sesuai passion kamu, karena zaman sekarang pekerjaan semakin spesifik. Kalau passion-nya 3D, ya sudah 3D saja. Konsisten, pasti nanti ada yang membutuhkan,” tutur dia.
 
Baca: 10 Jurusan SMK Paling Diminati, Prospek Karier Bergaji Menggiurkan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif