Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pakar Unpad: Sistem Kesehatan Indonesia Perlu Diperkuat

Arga sumantri • 13 Desember 2021 13:02
Bandung: Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Dwi Agustian menyebut, perbaikan sistem kesehatan menjadi pekerjaan rumah yang harus dilakukan di 2022. Pandemi covid-19 menjadi pengingat bahwa setiap negara perlu menguatkan kembali sistem kesehatannya.
 
"Akan lebih baik kalau kita fokus dan merefleksi bahwa kita masih ada masalah dalam sistem kesehatan kita secara umum," ungkap Yayan mengutip siaran pers Unpad, Senin, 13 Desember 2021.
 
Ketua Satgas Covid-19 Unpad ini menjelaskan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan kerangka kerja sistem kesehatan jauh sebelum pandemi covid-19. Ada enam pilar dalam kerangka kerja tersebut, meliputi layanan kesehatan, tenaga kesehatan, sistem informasi, teknologi dan sarana penunjang, pembiayaan, hingga kepemimpinan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Enam pilar tersebut menjadi kesatuan yang akan menghasilkan luaran seperti peningkatan derajat kesehatan, peningkatan responsivitas, perlindungan sosial dan risiko keuangan, hingga peningkatan efisiensi.
 
Baca: Rektor UMSU: Kampus Harus Punya Tim Khusus Tangani Merdeka Belajar
 
Kendati telah lama dikeluarkan, kata dia, sistem layanan kesehatan di Indonesia dinilai masih belum responsif. Selain itu, perlindungan sosial dan risiko keuangan juga belum optimal. Banyak masyarakat, terutama yang memerlukan perawatan yang besar, masih berhadapan dengan risiko finansial yang besar pula.
 
"Barangkali dengan adanya pandemi ini menjadi penguatan kembali bahwa kita harus berorientasi pada penguatan sistem kesehatan," ujar Yayan.
 
Yayan juga mengatakan, pandemi menghasilkan pesan bahwa sektor kesehatan bukanlah sektor yang terisolasi. Penguatan sistem kesehatan akan semakin baik apabila mengikutsertakan sektor-sektor lainnya.
 
"Sudah selayaknya pendekatan kesisteman dalam membangun sistem kesehatan yang interdisipliner dan multisektor memang suatu yang bisa kita dapatkan dari pandemi ini," kata Yayan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif